Sabtu, 25 Februari 2012

8 BANDARA INTERNATIONAL TERAMAI & TERBAIK DI ASIA - Yovie Version 2012



Posting By Yovie Ardhi  ' Kampus'

Jikalau kita akan bepergian ke Luar negeri ,untuk hanya liburan maupun kunjungan kerja , Transportasi yang paling cepat & Mudah adalah pesawat terbang,ada pesawat terbang pasti ada tempat parkir pesawatnya yang di namakan Bandara atau Airport,. nah kali ini saya akan mengulas tentang Lapangan terbang atau bandara yang paling ramai & paling mewah untuk ukuran asia, tentunya dengan versi yang pernah aku dapatkan & datangi,.semoga menjadikan Inspirasi  pembaca untuk suatu saat mendatangi tempat ini..
Apa saja nama Bandara itu dan dimana saja tempatnya, berikut tempat & ulasannya,.:


1. KANSAI INTERNATIONAL  AIRPORT 
  (K I X ) OSAKA - JEPANG 

KIX adalah sebuah Bandara internasional yang terletak di sebuah pulau di tengah-tengah Teluk Osaka. jauh dari pantai distrik Sennan di Osaka - Jepang Atau Kurang lebih 50 Km dari pusat kota Osaka jepang..
Bandara ini disebut juga sebagai Osaka International Airport. dalam bahasa Inggris , KANKU  dalam bahasa Jepang 

                                            KANSAI INTERNATIONAL AIRPORT


 

                                           Bandara Kansai di tengah Teluk Osaka.
Kansai International Airport
(KIX ini tidak sama dengan bandara lain bernama Bandar Udara Internasional Osaka yang terletak lebih dekat dengan kota Osaka).
karena di osaka ini terdapat dua bandara besar yang melayani rute domestic maupun Rute International,.
Selama tahun 2011 KIX (Kansai Airport ) telah melayani 125.000 lebih Penerbangan  pesawat , yang 75 % di antaranya adalah penerbangan internasional, dan 25%  lainnya adalah penerbangan domestik jepang sendiri.

Kansai International Airport Passenger Terminal Building

Kansai Airport
KIX ( Kansai International Airport ) memiliki sebuah terminal bertingkat 4 yang dirancang oleh Renzo Piano Building Workshop (Renzo Piano dan Noriaki Okabe). Bangunan tersebut merupakan terminal bandara terpanjang di dunia,  panjangnya mencapai 1,8 KM ( kayak jalan Tol JORR dari Pondok indah Ke Bintaro ya..hehee)
di bandara ini ada Bus dan Trem yang memindahkan penumpang dari satu ujung terminal menuju ujung terminal yang lain. ini untuk memudahkan penumpang mencari dan mendapatkan 
gate penerbangan,.( Kalo sampai nyasar kan repot ya???,,soalnya bandara ini gede banget!!...)


* Penumpang Internasional
Kedatangan internasional menuju ke bagian imigrasi dan pengklaiman bagasi di lantai pertama. Keberangkatan internasional di lantai 4 dan bila kita akan naik  pesawat turun di lantai 3. sungguh bandara yg baik dan bagus untuk kelas Internasional...&  oke bgt nih... 


       Dalam hati saya ada suatu pertanyaan : 
Kapan  kira kira Indonesia bisa punya bandara seperti ini ya????!!



2. CHANGI INTERNATIONAL AIRPORT - SINGAPORE

My Aunty In Changi Airport
































































































































Terminal 1 International Changi Airport Singapore Sept 2011 ( Yovie Foto )
My Friend & My Mom In Changi Airport Terminal 1 Go To Hongkong

If this isn’t good enough, there’s always the theater room.” Pepatah tersebut seolah mengatakan bila seolah tidak ada habisnya pujian dan decak kagum yang ditujukan untuk Changi Airport ini. Maklum saja, airport ini benar-benar memanjakan penumpangnya dengan begitu banyak pilihan tempat belanja di 3 terminal dengan brand-brand kelas satu dunia , dan bahkan tak sedikit orang yang hanya mengunjungi airport ini hanya untuk menghilangkan stress dan memuaskan nafsu belanja saja.
Di akhir pekan terutama di musim musim liburan hampir di setiap terminal di changi airport ini selalu penuh oleh penumpang yang dtang dari indonesia,,karena semenanjung singapore ini sangat dekat sekali dari indonesia terutama dari kota batam di kepulauan riau,,tak heran hampir di setiap sudut bandara banyak lalu lalang orang indonesia dari segala pelosok nusantara,..
  Changi airport berada di urutan ke 2 dunia sebagai airport ter-favorit Sedunia Versi SKYTRAX International. Selain bersih dan sangat teratur, airport ini juga sangat nyaman. Tempat ini selain dilengkapi oleh “mall”, juga dilengkapi dengan kolam renang, whirlpool, massage and spa, ruang ibadah, hingga rooftop bar. 
Selama anda tidak tergesa-gesa di airport ini, anda pasti akan menikmati aneka fasilitas yang disediakan oleh Changi Airport. Bahkan, airport ini juga menawarkan wisata keliling Singapura gratis bagi penumpang yang transit lebih dari 5 jam. nah kan lumayan tuh..keliling  gratis naik MTR & Bus ,.
*Bahkan ada suttle Bus yg murah apabila kita ingin melanjutkan perjalanan ke Johor Bahru, Malaysia.


Berdasarkan kategori 4C (Comfort , Convenience, Cleanliness dan Customer service), maka tidur disaat menunggu pesawatpun tidak masalah, dan airport ini juga dianugrahi penghargaan selama 15 tahun berturut-turut sebagai Golden Pillow Award.

Ada sekitar 4.340 penerbangan mingguan yang dioperasikan 80 maskapai penerbangan ke lebih dari 116 kota di 59 negara dengan rata-rata kurang lebih 36.750.556 penumpang per tahun, hmm..jumlah yang pantastic.. Bandara Changi Singapore menempati peringkat 19 sebagai bandara tersibuk  di dunia dan tersibuk kelima di Asia dalam arus lalu lintas penumpangnya.
kesan pertama waktu tante saya menginjakan kaki di changi ini ,dia bilang ke saya,,yov bandara ini seperti mall dgn system kebersihan dan ruangan yang tertata rapih dan apik ya,.dan terutama kita dapat menikmati air mineral gratis di sudut sudut bandara,.walaupun petugas petugas bandara dan imigrasinya yang rata rata .. VERY COOL!!
 its no Problem For me But Problem For You..hehehe


  Terminal III kedatangan Dan transit area Changi Airport



*Changi international airport ini di bagi 4 terminal international yaitu Terminal 1,2,3 serta terminal tambahan untuk maskapai penerbangan berbiaya rendah yaitu BUDGET TERMINAL CHANGI AIRPORT.
Changi Terminal III

   
3 . BANDARA INCHEON , SEOUL - KOREA SELATAN 



         Tampak Foto Luar Bandara Incheon


 Incheon International Airport

walau baru berusia 10 tahun, airport yang berada di ibukota Korea Selatan ini terus menerus membuat decak kagum para penumpang dengan tempat kedatangan yang terlihat cerah dan dingin, juga futuristic, dilengkapi dengan taman-taman yang Indah serta menyediakan ruang tidur, free shower, fasilitas spa , internet, hingga kursus golf dan ice skating.penumpang dimanjakan sekali dgn Fasilitas fasilitas yang ada,.
Bandara Internasional Incheon berhasil memenangi penghargaan tahunan Airport Service Quality Awards 2011 yang diadakan  Airports Council International (ACI). Bukan kali ini saja. Incheon Airport bahkan menjadi juara bertahan untuk urusan bandara terbaik thn 2011 yang lalu.

Video Bandara Incheon - Korea



Airport yang mendapatkan world’s top airport  in The World”, 
Seoul - Incheon airport  berada diurutan ke tiga  di tahun 2011 dengan layanan fasilitas bandara bintang lima menurut versi Skytrax.




4.Bandara Internasional Suvarnabhumi  , Bangkok - Thailand
  
Adalah  Bandara International di sebelah timur Kota Bangkok , menggantikan Bandara International DONG MUANG -Bangkok. Setelah beberapa kali penundaan, bandara ini akhirnya mulai dibuka secara terbatas untuk Umum pada tanggal 15 september 2006 dan seluruhnya pada tanggal 28 september 2006.andara ini terletak di Racha Thewa, di distrik Bang Phli  provinsi Samut Prakan, sekitar 25 kilometer dari Kota bangkok . SUVARNABHUMI dipilih oleh Raja Bhumibol Adulyadej yang artinya adalah  tanah emas. Bandara ini mempunyai menara kontrol pengawas dengan tinggi 132,2 meter, menjadikannya sebagai bandara dengan menara kontrol tertinggi di dunia.

Desain Bandara yang megah

       
Di Asia, bandara ini juga menjadi bandara tersibuk keempat di bawah Bandara Haneda,Japan  - Hongkong Airport dan   Bandara International Beijing - China


Bandara ini  mengambil Konsep  Traditional & Modern ,.Luas terminal bandara ini (565.000 meter persegi) ,dan menjadikannya sebagai bandara yang mempunyai luas terminal tunggal kedua di dunia di bawah Bandara Internasional Chep lap Kok - Hong Kong. kita juga mendapatkan fasilitas  yang menyerupai Changi airport singapore & Hongkong International Airport,.


5. BEIJING INTERNATIONAL AIRPORT - CHINA
         Bandara Terindah di Dunia , Beijing International Airport Terminal 3 

Kemajuan teknologi membuat manusia berlomba-lomba membuat bangunan-bangunan yang menakjubkan. Salah satunya adalah Bandara Terindah di Dunia, Beijing International Airport Terminal 3.

         Terminal III Beijing International Airport 

Cina membuktikan bahwa mereka memang patut menyandang negara dengan kemajuan teknologi dan kemajuan pembangunan yang sangat pesat. dan Bandara Beijing adalah salah satu buktinya.sebagai sebuah Ibukota negara China yg memiliki masyarakat terpadat no 1 di dunia,..dgn jumlah warga hampi 1,3 triliun manusia...hmmm gak KB ya Oom,,..!!!hehehe..
Bandara ini terdiri dari 3 terminal (sampai saat ini),  
Dan Bandara Ini dinobatkan sebagai bandara terbesar dan terluas di dunia. luasnya 97,8 Hektar dan di bangun dalam 3 terminal Domestik dan International..( woowww gede bgt ya bro,..!!)



*Terminal 1 dibangun Pertama pada tanggal 2 Maret 1958, Yang memiliki standar penerbangan yg baik & layak  pada saat itu
kemudian diperbesar dengan terminal 2 yang diresmikan pada november 1999. yang memiliki standart yg lebih baik dan ruangan yg lebih luas dari terminal 1yang lama,
 bandara tersibuk kedua di dunia setelah Los Angeles International airport - Amerika ini
diperbesar lagi pada thn 2007 awal dan selesai pada thn 2008 untuk turut menyukseskan Olimpiade International Beijing 2008, 
    
Inilah beberapa foto foto ruangan dan tampak depan Bandara International Beijing
                                  Tampak Depan Beijing International Airport

                                                          atas menara Pemantau

Terminal III Kedatangan
Arsitektur yang megah dan mewah

Kesan megah & mewah dapat kita lihat dari bandara ini,.
banyak fasilitas bandara & bangunan yang berarsitek Modern dilengkapi Pusat perbelanjaan seperti Mall,,menjadikan kita serasa berada di dalam satu tempat perbelanjaan atau Mall seperti bukan bandara,.

sungguh kenyamanan berada di Area bandara ini,.dalam hati hanya bisa mengagumi keindahan dan kemewahan buatan Orang china ini,..



6. Hong Kong International Airport - Hongkong

Siapa tak kenal Hong Kong Internasional Airport ??? bagi sebagian kalangan penerbangan atau masyarakat Umum yang sering bepergian ke luar negeri,. Airport yang selalu sibuk ini memang menjadi Airport tersibuk seantero  asia bahkan dunia. Bayangkan saja, setiap tahunnya, airport ni melayani lebih dari 50 juta penumpang dari seluruh dunia.


Airport ini juga memberi kenyamana pada penumpang untuk menggunakan lounge area, golfing, makan-makan hingga nonton film 4D, main games dan kegiatan lainnya.


bandara ini begitu luas sekali , antar Gate penerbangan di hubungkan oleh kereta yang digerakan ole system komputer bawah tanah, kalo pas kita ingin naik pesawat di bandara ini,harus memperhatikan rute gate yang akan kita tuju,.waktu saya ingin naik pesawat di bandara ini saja, dari tempat kami check ini ke gate tempat pesawat parkir ,saya dan teman2 melalui dua kali ganti naik kereta bawah tanah atau semacam MTR di Hongkong untuk mencapai pesawat yang akan kita naiki,.hmm..sungguh pengalaman yang asyik dan mengagumkan,.
Pantaslah kalo SKYTRAX sebagai lembaga Konsultan survei penerbangan International yang bermarkas Di Inggris menghanugrahi Hongkong Airport ini sebagai BEST OF THE WORLD  International Airport 2011 .


Video Hongkong International Airport 1 ( siang hari )

 

Bandara Internasional Hong Kong ini dikenal sebagai Chep Lap Kok Airport  oleh penduduk setempatdibangun di Pulau Chep Lap Kok yang direklamasi lautnya untuk proyek tersebut. pembangunannnya Selesai pada tahun 1998, sekarang ini menangani penerbangan masuk & keluar Hongkong hampir 55 juta penumpang per tahunnya.
  
Video Airport Hongkong di Malam Hari
 Collection By bee83at
  

Ruang Tunggu Bandara
airport ini Dirancang oleh arsitek terkenal Inggris Sir Norman Foster. Saya tidak paham  mengapa abu-abu adalah sebuah warna yang menarik & dominan untuk teknologi tinggi arsitek di Bandara ini. Ini memberikan kesan kesamaan keseluruhan  dalam satu gedung,.
                Food court yg nyaman, ,.( Yovie kampus Foto )




7. HANEDA INTERNATIONAL AIRPORT - TOKYO, JEPANG             东 京 国 际


Tokyo International Airport ( Tōkyō Kokusai Kuko  ), umumnya dikenal sebagai Bandara Haneda . bandara ini adalah salah satu dari dua bandara utama selain NARITA Int'l Airport  yang melayani penerbangan di daerah tokyo raya di Jepang. berlokasi di  OTA - TOKYO  14 km (8,7 mil) selatan dari Stasiun Tokyo.
. Haneda menangani hampir semua penerbangan domestik & International dari dan ke Tokyo, sementara Narita airport menangani sebagian besar penerbangan internasional.  Pada 2010, terminal internasional yang berdedikasi ini dibuka di Haneda dalam hubungannya dengan penyelesaian landasan pacu keempat.  Hal ini memungkinkan untuk peningkatan penumpang yang dramatis dalam penerbangan internasional di Haneda, yang sebelumnya hanya memiliki  penerbangan ke korea, shanghai , dan taipei, taiwan.  
Pemerintah Jepang berencana untuk memperluas Haneda  internasional Airport di masa depan. 
.Pada tahun 2010 seiring bertambahnya volume penerbangan keluar masuk jepang terutama tokyo, pemerintah  jepang membangun terminal III internasional yang mengusung konsep International airport dibangun lima lantai,.dgn fasililitas standart internasional dgn system kenyaman dan keamanan..
Haneda melayani 65.000.000 penumpang pada 2010.  dan akan meningkat terus pada tahun 2 mendatang,ini dikarenakan volume pesawat yang masuk dan keluar meningkat tajam seiring perkembangan waktu ke waktu..
HANEDA adalah bandara tersibuk kedua di Asia dan tersibuk kelima didunia , setelah Atlanta Bandara Hartsfield-Jackson , Beijing Capital Airport , Chicago O'Hare Airport , dan London Heathrow Airport .  Dengan bandara Haneda dan Narita gabungan dari bandara di Tokyo, jepang memiliki tersibuk kota sistem bandara ketiga di dunia, Setelah London & New York..
 
Haneda Airport adalah Bandara utama dari dua bandara Jepang dgn penerbangan domestik utama,  Japan Airlines (Terminal 1) dan All Nippon Airways (Terminal 2), serta operator airlines berbiaya rendah  Hokkaido International Airlines , Skymark Airlines , Skynet Asia Airways , dan StarFlyer . 
Airport ini dapat menangani 95 juta penumpang per tahun setelah ekspansi di 2011.
diakui Haneda Airport sebagai bandara paling ramai dan paling tepat waktu di dunia selama dua tahun berturut-turut, dengan 90% dari penerbangannya berangkat pada tepat waktu dan 89% tiba tepat waktu. 

Haneda Airport  pertama kali dibuka pada tahun 1931 pada sebidang kecil tanah Bayfront di ujung selatan kompleks bandara sekarang. 
ini adalah bandara sipil Jepang terbesar pada saat itu dibangun, dan mengambil alih pangkalan udara militer di Tachikawa  sebagai basis operasi utama JEPANG AIR TRANS



bandara Haneda ini bisa menampung parkir sampai 2300 mobil dalam satu area bandara..Bandara ini terdiri dari 3 terminal utama yang dihubungkan oleh sky lines bagi para penumpang yang ingin pindah dari satu terminal ke terminal lain..
Bandara Haneda buka 24 jam,Dua terminal penumpang utama hanya dibuka dari jam 5 pagi sampai 11.30 WIB.  



8. NGURAH RAI - BALI , INDONESIA


Bali Airport - Denpasar

     Bandara Ngurah Rai , Bali terletak sekitar 13 kilometer dari kota Denpasar,.


 Bandara Ngurah Rai ini termasuk salah satu bandara terpadat di indonesia dikarenakan Bali sebagai salah satu Kota tujuan wisata dunia dan kota tujuan wisata domestik. tidak heran bila setiap harinya banyak penerbangan mancanegara yg masuk lsg ke bali..

Bali ini sangat terkenal di mancanegara terutama kawasan eropa & asia . in saya buktikan saat saya ke Hongkong september 2011 kmarin ,,banyak pameran biro perjalan di mall mall di Hongkong yg beberapa biro perjalanan memasang promo Hongkong Go to Bali..wuih bangga sebagai warga negara Indonesia bro...hehehe
kurang lebih tidak kurang dari 2  juta wisatawan mancanegara dari Australia, Eropa, Hongkong, China dan negara lainnya yg berkunjung ke Bali,..

Landasan Pacu pesawat yg berdekatan dengan Pantai..
          






* Demikianlah cerita tentang 8 bandara teramai,tersibuk dan terbaik di Asia,,semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi temen2 yang membaca tulisan saya ini..
dan sebagai bahan bahan acuan apabila temen temen singgah di salah satu bandara ini,.
Terima kasih atas perhatiannya,..sampai bertemu dgn ceritaku  yang lainnya..


                                                          ( Yovie ardhi * Kampus*  - Depok , Indonesia )
                                               Yovie.ardhi@gmail.com

 
 di Pelataran Evenue Of Star - Hongkong 09-2011
Me & family In Grand Lisboa Casino , Macau - China 09-2011

Me, Friend From Korea & Vietnam In Twin Tower - Kuala lumpur


TERIMA KASIH & SAMPAI JUMPA

Tidak ada komentar: