Rabu, 04 April 2012

BANDARA PALING EKSTRIM DI EROPA & ASIA

 
oleh : Yovie Ardhi

   

Selamat siang sore maupun malam ,.jumpa lagi nih buat semua,.setelah kemarin saya menulis Bandara teramai dan terbaik di asia,,pada tulisan saya kali ini saya akan membahas bandara yang terkenal agak ekstrim  atau agak berbahaya di daratan eropa,asia dan sekitarnya,yang dimana para awak pesawat maupun penumpang agak sport jantung  deg degan kalo ingin mendarat pesawat di tempat ini,.nah apa saja dan dimana saja tempat bandara itu berada dan seberapa ekstrimnya tempat itu, mari kita simak tulisan saya kali ini,.semoga dapat bermanfaat dari tulisan saya ini,.selamat membaca,..

 

@ Prince Juliana atau Sint Maarten Airport

Untuk Sebagian orang yang pernah mengunjungi  Bali pasti mengetahui & melihat pesawat yang akan tiba di bandara internasional Ngurah Rai bali , karena pesawat yang akan mendekat di landasan pacu ,sangat rendah dan dekat sekali dengan area pantai kuta bali. ini Sebuah pemandangan yang spektakuler & indah apalagi saat kamu bisa melihat begitu dekat pesawat Boeing 747 yang sebenarnya hampir menyentuh daratan untuk landing di Bandara Ngurah Rai ini. Walau meskipun bukan sesuatu hal yang unik di dunia, di eropa ada sebuah bandara dimana landasan pacunya sangat dekat dengan pantai yaitu Bandara Internasional Juliana di Sint Maarten - kepulauan Karibia.



Sint Maarten adalah bagian dari Belanda yang berada di pulau kecil yang terletak di Karibia. Besarnya pulau itu sepersepuluh daripada SINGAPORE dan pulau itu terbagi menjadi dua wilayah negara bagian yakni Perancis dan Belanda. Pulau itu menjadi tujuan wisata sangat terkenal di daratan eropa. Bandara ini masuk area di sebagian Belanda, Bandara Internasional Juliana atau Sint Maarten ini memiliki kurang lebih 1.7 juta penumpang setiap tahunnya dan mampu menampung & menerbangkan  pesawat sebesar Boeing 747 Jumbo Jet. karena pulau ini sangat kecil sekali dan Dikarenakan lagi kurangnya lahan tanah untuk pendaratan , mau tidak mau menjadikan landasan pacu pesawat yang cukup pendek, hanya sekitar 2180 meter dan  cukup pas pasan untuk jenis pesawat jet Jumbo sekelas Boeing 747. 
Bandara Juliana ini  terjepit di antara laut dan perbukitan sehingga membuat penerbangan dan pendaratan di bandara internasional Juliana merupakan salah satu yang paling menantang di dunia bagi sebagian Pilot yang berpengalaman , tapi deg degan untuk sebagian penumpang ,.yah cukup baca doa lah kalo pesawat mau mendarat,. 
Hanya pilot handal saja yang mampu untuk masuk ke bandara ini dgn pesawat besarnya,.ini karena pendeknya landasan pacu sehingga ketika pesawat akan mendarat atau landing harus terbang sangat rendah untuk mendekati landasan pacu, tepat di atas pantai Maho.ini menjadi pemandangan seru bagi turis turis yang sedang berjemur di pinggir pantai,.karena seakan pesawat ada kurang lebih 10 meter diatas kita,.




Walaupun belum pernah ada kecelakaan serius yang mengakibatkan korban jiwa, tetapi baik saat tinggal landas (Take Off ) maupun saat mendarat ( Landing ), semburan jet dari pesawat-pesawat besar tersebut dapat menyebabkan kecelakaan fatal bagi turis yang berada di sekitarnya.karena hawa panas dari semburan jetnya dan kebisingan suara pesawat dapat memekakkan telinga,.alias bisa jadi Bolot kalo sering2 nongkrong dipinggir laut sekitar bandara ini..

                                                           Boeing 747 KLM Landing @Sint Marteen


Ada Pertanyaan yang sering timbul disini : 
Mengapa airport ini sekecil ini masih digunakan, bahkan untuk penerbangan komersial  internasional yang padat ??!! 

Hati Hati Mas Kepalanya copot!!

Jawabannya adalah Airport ini bagaimanapun juga tetap   tempat yang paling aman untuk pendaratan pesawat Komersial dari penerbangan di seluruh lokasi yang ada di pulau ini.nah bandara ini katanya sih yg paling gede landasannya untuk sekitar area ini,. artinya untuk sekelas ini saja bandaranya sudah termasuk yang paling baik,.nah kalo gitu masih berbahagialah kita di indonesia yang punya bandara besar  seperti Soekarno Hatta CKG, Sultan mahmud badaruddin II Palembang, Ngurah rai bali, Minangkabau airport -Sumatra Barat & yang lainnya, yang bisa mendaratkan untuk sekelas pesawat komersial yang gede dan tidak berbahaya karena lahannya sangat luas.,.
udahlah Oom Pilot mendarat pesawatnya jangan di bandara ini deh , bahaya!!...mending Landing di Soekarno Hatta aja ,dijamin gak deg degan deh..heheheee..



Nah untuk itu sebagian awak penerbangan & penumpang sangat pantas sekali menyebutkan airport Sint Maarten ini sebagai airport nomor satu yang paling berbahaya di dunia .

*  Dikarenakan  letaknya yang sangat dekat dengan pantai Maho menjadikan bandara ini tempat yang sangat populer bagi para Planespotter untuk mengambil gambar datangnya pesawat jet jumbo yang akan mendarat dgn spektakuler. 
Ada begitu banyak gambar yang tak terhingga seperti pesawat sangat besar seukuran JUMBO JET terbang 10 meter diatas para turis yang sedang santai di pinggir pantai,.dan bagi sebagian orang yang belum melihatnya seringkali mereka dikira mengada-ada. atau hasil rekayasa tehnik gambar atu film.Padahal sebenarnya gambar-gambar tersebut memang nyata adanya.ini saya bagikan sebagian Foto & videonya yang anda bisa tonton langsung,.mudah mudahan mengesankan...

                                                    Amazing Landing In Sint Marteen




@ Madeira Airport Portugal


Madeira Airport atau disebut Funchal Airport dan Santa Catarina Airport, adalah sebuah bandar udara internasional yang terletak dekat Funchal, Madeira.


Bandara ini dilalui pesawat  untuk jurusan domestic portugal sendiri maupun International Eropa & sekitarnya,.


Bandara ini sangat terkenal bagi sebagian wisatawan maupun para awak kabin pesawat karena landasan pacu yang pendek sekali , bandara ini dikelilingi oleh pegunungan tinggi dan sekitar laut,jalurnya dibuat khusus disisi gunung membuat sebuah pendaratan sangat sulit bahkan untuk Pilot yang paling berpengalaman sekalipun . Its Very Dangerous !! Landasan bandara ini  aslinya hanya panjang 1.400 meter , tapi diperpanjang lagi  300 meter menjadi 1.700M setelah terjadi  insiden jatuhnya Pesawat Air P 425 TAP Portugal di tahun 1977 ,

Insiden Pesawat Jatuh


lalu kemudian pemerintah Portugal membangun kembali dan memperluas bandara ini pada tahun 2003, besarnya hampir dua kali lipat ukuran landasan yang pertama, bangunannya di bangun itu di atas lautan.karena keterbatasan tanah di sekitar ini,. 

Bandara ini dibangun diatas laut setinggi 70 meter supaya kelihatan pendaratan pada malam hari..dan sebagai acuan untuk mempermudah Take Off pesawat,.nah bagaiman juga masih tetep ngeri deh pokoknya,,kira kira anda ke eropa atau ke Portugal khususnya , mau coba mencicipi ke daerah sekitar ini tidak??,,heheheee...



Untuk pembesaran landasan pacu baru bandara, Bandara Funchal Portugal ini telah memenangkan Penghargaan Struktur Posisi bandara diatas struktur laut.,penghargaan ini diberikan oleh Asosiasi Internasional untuk Jembatan dan Rekayasa Struktural (IABSE). Penghargaan Struktur Posisi ini dianggap sebagai piala"Oscar" untuk struktur rekayasa di Portugal.




@ Lukla Airport - Nepal

Airport yang berada di sekitar kaki pegunungan Himalaya ini termasuk salah satu bandara lokal yang terkenal Ekstrim,karena berada disekitar pinggir kaki gunung,.dan bandara ini hanya bisa dimasuki oleh pesawat jenis kecil sejenis Cassa kalo di indonesia,. 


Airport ini terletak di ketinggian 2900 meter dari permukaan laut, yah termasuk tinggi untuk landing maupun take Off pesawat,.serta tidak ada panduan panduan khusus bagi orang yang berada disekitar area bandara,.karena ketinggian daerah ini ,jadi hampir tidak ada kekuatan yang cukup untuk tinggal landas pesawat..
                                                       Video Take Off Pesawat di Lukla Airport



Lukla Airport adalah airport kecil di kota Lukla di timur Nepal. Pada bulan Januari 2008, pemerintahan Nepal mengumumkan bahwa airport tersebut akan diganti namanya menjadi Airport Sir Edmund Hillary, orang pertama kalia yang berhasil mencapai puncak everest. 

untuk rakyat sekitar bandara ini sangat membantu untuk transportasi karena daerah ini termasuk agak sulit dijangkau,.
                                                            LANDING @ LUKLA AIRPORT

Untuk para pendaki gunung dgn adanya bandara ini sangat sekali membantu ,karena ini adalah jalan terbuka untuk mendaki gunung di sekitar Himalaya yaitu Mount Everest,.jadwal penerbangannnya pun terbatas,.kalo anda ingin mencoba gak ada salahnya sebelum melakukan pendakian Mount Everest yang membutuhkan nyali tinggi juga,..hehehe..




@Juancho E. Yrausquin Airport (Saba)

Juancho E. Yrausquin Airport adalah satu-satunya airport pulau Saba di kepulauan Karibia. Aiport ini sangat terkenal sekali bagi penumpang apalagi Pilot pesawatnya,.karena Pilot dituntut sangat berpengalaman dengan bagaimana cara agar pesawat dapat take off  & Landing dari landasan dengan baik...


 





Yrausquin Airport memiliki jadwal arus penerbangan yang sangat padat sekali  dalam melayani penerbangan di pulau Saba ini. Beberapa pakar penerbangan memiliki opini bahwa airport ini merupakan salah satu airport paling berbahaya di dunia walaupun tidak ada tragedi besar yang terjadi di sini. Di ujung landasan terdapat huruf X besar yang menandakan bahwa airport ini tidak untuk penerbangan komersial Khusus.ada syarat tertentu untuk dapat masuk ke Bandara ini..




                                                                      Landing @SABA Airport

Bahaya datang karena kondisi geografis dari airport itu sendiri, di satu sisi bukit yang tinggi dan dikedua ujung landasan terdapat jurang yang langsung menuju lautan. Sangat berbahaya bagi pesawat dengan kemungkinan tidak dapat mendarat karena menabrak jurang atau kurang tenaga untuk take off yang menyebabkan jatuh ke jurang juga.jadi harus sangat diperhitungkan matang matang bagi para Pilot untuk dapat masuk di bandara ini,,kalo gak mau tragedi datang menimpa,..





@ Gibraltar Airport, Gibraltar

Gibraltar Airport adalah sebuah bandara di perbatasan Spanyol dan maroko, Bandara ini memiliki landasan pacu yang  sangat pendek, hanya 6.000 kaki  (1.828 m). Cukup pendek untuk sebuah bandara yang akan dimasuki oleh pesawat pesawat komersial sejenis Boeing 747 Jumbo Jet atau sekelas Jumbo lainnya,.  
Gibraltar Airport

Kita  melihat Gibraltar adalah  sebuah bandara yang dipinggir laut dan dihalangi oleh perbukitan perbukitan yang terjal ,.serta  berbatasan langsung dengan laut Mediterania  yang luas dan tahan akan kelunturan pasirnya,.,  

Gibraltar Airport, Gibraltar

Pesawat akan masuk bandara Gilbartar

sangat susah sekali untuk para awak pesawat yang akan Landing ke bandara ini, disamping struktur perbukitannya yang agak menghalangi pandangan para Pilot maupun cara mendaratkan pesawat yang tak lazim kebanyakan bandara di dunia,.,.

Sekilas Videonya

Ini di karenakan apabila pesawat akan Terbang ( Take Off ) maupun akan mendarat (Landing ) sebagian jalan utama yang menghubungkan antar kota akan ditutup sementara,karena jalannya akan di pakai untuk take off maupun landingnya pesawat,.disinilah banyak sekali pengendara Mobil maupun motor yang pas lagi berjalan diatasanya kira 10 meter pesawat sedang melintas,,bayangkan saja kalo pas pesawat akan lewat kita ada di bawah roda pesawat yang akan terbang,.sungguh menajubkan sekali,..tapi karena itu lagi ketersedian lahan untuk bandara yang sangat terbatas dan kunjungan Frekwensi tourisme yang tinggi sehingga memaksa tanah atau lahan jalanpun di pakai untuk landas pacu pesawat,,bisa kita bayangkan  kalo di Jakarta atau lampung dan di kota lainnya ,ada bandara seperti  ini,,gmana gak bingung pengendara kendaraan yang akan melewati daerah sekitar bandara ini,.di tambah lagi kemacetan yang akan timbul sebelum dan sesudah pesawat akan berangkat  maupun mendarat,..

 Video Take off & landing Pesawat

Di bandara ini ada perlintasan khusus seperti palang kereta api di Indonesia,palang ini akan turun kalo ada pesawat yang akan melintasi daerah ini,.persis seperti kalo kendaraan kita akan melewati gerbang kereta api dimana kereta akan melintas di jalannya,.gerbangnya ditutup  sementara,.lucu bgt deh,..
Ada kegelisahan tersendiri bagi awak pilot pesawat bila ingin mendarat atau take off pesawat,karena banyak sekali pengendara kendaraan yang menerobos pintu palangnya,,walau pesawat baru saja mendarat ataupun baru naik..yah ternyata bukan di Indonesia saja yang banyak orang tidak sabar tapi diluar negeri juga banyak lo,..bukan satu hal yang asing lagi kalo banyak dari mereka yang sudah tidak takut lagi akan di timpa atau di tabrak pesawat,ini dikarenakan udah kebiasaan sehari hari,.. 
Masyarakat melintasi Runway dgn santai kalo tidak ada pesawat

yah kebiasaan di Indonesia juga sehari hari kita lihat di Tv ada pengendara yang menerobos pintu lintasan kereta api,,seakan akan kereta bukan terbuat dari besi atau baja tapi terbuat dari terigu seperti membuat roti tawar ya,..hehehe,..

Bener bener nekat nih Mobil!!!
Di gibralter ini kondisi cuacanya sering tidak menentu,wajar karena pulau in i dikelilingi laut lepas ,disini sering terjadi angin kencang,awan yang gelap sehingga kadang kadang pesawat mengalihkan pendaratannya sementara di sekitar Malaga,spanyol atau Tangier di daerah Maroko,.untuk mengurangi resiko kecelakaan pesawat yang akan terjadi,.

    Runway Gibraltar airport

landasan pacu pesawat atau Runway pesawat berada ditengah tengah sisi kota ,jalan  sisi kota utara dan sisi kota selatan nah landasan  atau runway bandara ini yang membelahnya,.
Pesawat yang paling sering mendarat di sini adalah sekelas Boeing 747-400 atau Airbus A-320.ini dikarenakan keterbatasan landasan pesawat tadi,. Kalau kita melihat melalui foto atau Video seakan pesawat sudah mendekat dgn bandara dan akan melalui bukit ,yg seakan mau menabrak bukit ataupun menabrak pengendara mobil atau motor,,hanya pilot sudah paham dan berpengalaman  yang sangat pandai mengatasi hal seperti ini,.
yah bandara ini dianggap salah satu bandara yang Ekstrim di Eropa,,( Scariest airport in  europe )..anda mau mencoba juga datang ke daerah wisata ini,??????...

Kalo kata bang Napi jawabnya :  WASPADALAH….WAPADALAH..!!! .hehehee..


Nah itulah sekilas cerita dalam tulisan  saya tentang bandara Terekstrim di Eropa & Asia kali ini,,.semoga dapat menambah pengetahuan kita bersama,.dan dapat bermanfaat bagi kita semua terutama yang membacanya dgn seksama,.tunggu cerita saya yang lain lagi ya,..terima kasih atas waktu & perhatiannya,.see u , Bye Bye..










Tidak ada komentar: