Rabu, 14 Januari 2015

ASYIKNYA NAIK KERETA CRH / CHINA RAILWAY HIGHSPEED GUANGZHOU - SHENZHEN - GUANGZHOU DONG"

# CRH - CHINA RAILWAY HIGHSPEED

Sudah kesekian kalinya ke negeri Tirai Bambu china , dan tak bosan bosannya mencoba naik kereta di china baik itu kereta bawah tanah atau subway atau di Hongkong biasa di sebut MTR ( mass transpid Railway ) , tapi masih juga saya ingin mencoba dan terus mencoba naik kereta yang di china sebagai salah satu alat transportasi yang paling banyak di gunakan oleh masyarakatnya. ini karena ongkos yang tdiak terlalu mahal dan tehindar juga dari kemacetan di jalan jalan utama china terutama di jalam jam sibuk pagi dan sore hari setelah dan sebelum aktivitas kantor di mulai dan selesai pada sore / malam hari .

saya dan teman teman kali ini mengunjungi kota guangzhou di china selatan yang berbatasan langsung dengan kota modern ( special Zone economic ) shenzhen , dimana masyarakatnya hampir tiap hari berkunjung baik dari guangzhou ke shenzhen atau dari shenzhen ke guangzhou , dan jalur kereta ini adalah salah satu jalur kereta terpadat di china stelah rute Shanghai - Beijing yang juga Rute kereta terpadat di china , dimana masyarakatnya tiap hari melakukan perjalanan antara kedua kota tersebut . padatnya rute GZ - SZ bisa kita lihat dari padatnya jadwal yang pulang pergi dari pagi hari sampai malam hari , dari pukul 6 pagi sampai pukul 11 malam untuk keberangkatan terakhirnya , jarak interval kereta satu dengan yang akan berangkat lainnya hanya 15 menit saja . artinya bila kita ingin naik kereta ini jangan pernah takut akan kehabisan tiket, karena jadwal keretanya sangat banyak.

* FORIEGNER PASSANGER

Jika kita bukan warganegara china yang kbanyakan memakai transportasi ini , kita wajib membeli tiket tiket di counter counter yang telah disediakan , karena bagi warganegara chian pemegang KTP atau ID card China maka mereka tinggal membeli di Mesin mesin seperti ATM yang telah banyak disediakan , karena kita bukan warganegara china walau tampang saya yang kayak orang china kata teman saya hahaaa.. kita tidak bisa membeli di mesin pembelian tiket ini , karena mesin akan meminta ID china kita , padahal saya cuma punya KTP electronic aja neh..hehee..
akhirnya saya ngantri beli 4 tiket di loket yang telah dsediakan , dan jangan lupa bawa paspor masing masing penumpang untuk ditunjukan kepada petugas loket , dan kasih tahu juga kepada petugas jam brapa kita akan berangkat dan kelas berapa yang akan kita beli , karena mereka menjual dengan harga yang bervariasi tergantung dengan kelas yang akan kita pilih . ada First class dan second class .

untuk rute Guangzhou dong ( east station  ) ke Shenzhen station ( louhu Railway ) harga yang dikenakan untuk First Class sebesar 99,5 CNY atau setara dengan 200 ribu rupiah ,dan untuk second Class harganya 79,5 CNY atau 160 ribu rupiah indonesia saja ..artinya perbedaan harganya untuk masing masing kelas adalah 20 CNY atau biasa orang china bilang RMB = YUAN .

okelah kalo bagitu kita langsung beli tiket deh karena takut untuk jam yang kita ingini sudah habis , eh bener ternyata untuk pemberangkatan pukul 3 siang lewat 55 menit sudah habis yang First Class , tinggal yang second Class saja dengan harga 79,5 Yuan = 160 ribu saja . ya sudahlah teman teman dan istri saya hanya nurut saja untuk class apa yang saya beli .

TIKET CRH( CHINA RAILWAY HIGHSPEED )  SAYA
setelah pembelian tiket beres kita buru buru  langsung masuk ke tempat  boarding karena jadwal keretanya tinggal 10 menit lagi , disini kita menunggu jadwal dan code kereta yang akan kita naikin , cap dulu di petugas pemeriksaan sebelum boarding sambil tunjukan identitas kita masing masing , lalu masuk ke ruang tunggu sebelum masuk ke kereta. oh ya setiap penumpang diberi air minum sebelum masuk kereta , ini bisa kita ambil di petugas counter air minum dengan menunjukan tiket dan boarding pass kita kepada mereka, jumlahnya sesuai dengan tiket yang kita beri ke mereka , tapi karena mereka tidak mencatat . maka saya dan keponakan saya si fetto sampai 2 kali mengambil botol air minum free yang mereka kasih ..hahaa..lumayan buat di perjalanan di dan di Hotel nanti ..kita dapat 8 botol air mineral jenis sedang padahal tiketnya cuma berempat saja..wkakakkkk..

di ruang tunggu boarding ini sangat ramai sekali , apalagi kalau para penumpang yang membeli tiketnya mepet mepet dengan jam kbrangkatan atau ada yang sedang di toko toko membeli souvenir, dan baru diberi tahu kalau kereta sebentar lagi akan berangkat , mereka sampe berlari lari buru buru naik ke atas kereta , maklum kereta CRH ini sangat tepat waktu jadwal kberangkatannya , saat kita nunggu kereta saja masih ada yg berlari lari menaiki kereta yang 2 menit lagi akan berangkat .
Ruang tunggu / Boarding passanger CRH

memang gak hanya di indonesia saja banyak orang yang telat atau sengaja mepet dengan jam kebarangkatannya..di chian ini juga banyak sekali yang begitu , sampai sampai petugas peronnya memanggil mangil sesuai dengan kode kereta yang akan berangkat , ini diulang sampai 3 atau 4 kali dengan bahasa mandarin , nah kalo kita yang dari luar negeri china dan tidak paham bahasa china jangan coba coba boarding terlambat , bisa berabe urusannya , tiket kita  bisa hangus karena tidak naik kereta dengan kode yang tadi kita beli ...hmmm....

Ini Saya tampilkan VIDEO suasana Boarding Room Guangzhou East Station
                                                                    VIDEO GZ STATION

*****************
Waktu di jam tangan saya dan di jam dinding tempat boarding sudah menunjukan pukul 15 : 50 , tiba tiba ada pengumuman di layar bahwa kode kereta kita yang akan ke shenzhen louhu railway sudah siap di tempatnya , benar saja pintu gerbang boarding langsung terbuka , dan para penumpang langsung berebut buru buru naik ke kereta yang ada di lantai atas dari Boarding gate kita tadi , lima menit saja kita sudah duduk di gerbong kereta dan temapt duduk yang tertera di tiket yang kita beli , oh ya jangan sampe salah naik gerbong ya , kita bisa lihat di tiket kita gerbong yang mana kita akan masuk dan nomor tempat duduk berapa yang akan kita duduki , karena hampir rata rata tidak ada tempat duduk yang kosong di setiap gerbongnya...

PRAMUGARI CRH Railway
Tapi bila kita tidak paham , kita bisa bertanya dengan menunjukan tiket kepada penumpang lainnya , pasti mereka akan menunjukan gerbong kita , atau disetiap pintu gerbong kereta ada parmugari pramugari yang siap menyapa kita dan memberikan informasi tentang tempat duduk kita ,benar apa tidaknya tiket yang kita pegang dengan gerbong yang akan kita naikin. fasilitasnya memang dibuat senyaman dan sebaik mungkin dan informasi serta pelayanannya nyaris seperti kita naik pesawat terbang saja , dan ini yang sedang kita coba perbaiki di sistem transportasi kereta kita semenjak ignasius Jonan menjabat direktur KAI ( kereta api indonesia ) , dan beliau sekarang ditunjuk menjadi menteri perhubungan yang baru , semoga kereta api kita dapat setidaknya meniru gaya tranportasi kereta di china yang menjadi andalan transportasi di negri tirai bambu tersebut ..

Photo dulu ahhh , selfi di kereta CRH

kita semua sudah masuk dan duduk duduk , tidak lupa  menempatkan koper yang besar di bagasi dekat pintu kereta , karena cabin diatas tempat duduk yang disediakan hanya untuk koper kecil atau tas jinjing kecil saja , lalu kitapun siap siap untuk menikamti perjalanan dari guangzhou ke shenzhen naik CRH ini , tahu tahu tidak ada pengumuman lebih lanjut saya lihat kereta bergerak perlahan, bener saja tepat jam 15 : 56 lebih sedkit kereta melaju perlahan meninggalkan guangzhou station. artinya mereka tepat waktu dalam perjalanan yang sudah dijadwalkan  , karena sebentar lagi ada kereta juga yang akan menyusul sepuluh menit kemudian  dengan rute yang sama..

Suasana saat saya selfi di dalam kereta CRH

santai sejenak dulu ahhh.,.sambil melihat kejendela pemandangan sekitar perjalanan dari Guangzhou ke shenzhen ini yang di tiket tertera hanya 1 jam 15 menit saja dengan kecepatan rata rata 160 Km/ jam , dan kereta hanya berhenti di stasiun besar saja selama melewati rute ini nantinya . jadi jangan berharap di setiap stasiun kereta akan berhenti menurunkan dan menaikan penumpang .emangnya kita lagi naik comutter line jabotabek bro...hahaaa...

dibawah ini saya lampirkan stasiun yang akan disinggahi dan jarak yang akan ditempuh dari guangzhou east ke shenzhen Louhu nantinya .

Jadwal keberangkatan kereta yang saya naiki dan jam tiba di shenzhen tertera lengkap

SHENZHEN RAILWAY STATION # SELFI BETIGA DULU

selama perjalanan yang nyaris tidak terasa hentakan rel seperti kebanyakan kereta di indonesia walaupun kereta itu semahal dan sebagus Argo Bromo anggrek yang pernah saya naikin ketika dari Surabaya ke jakarta bulan april lalu . di dalam perjalanan kereta dari guangzhou ini juga ada pramugari seperti di pesawat yang memeriksa kondisi penumpang dan bawaanya , apakah sudah rapi di tempatnya atau belum , setelah kereta jalan agak jauh mereka menjual berbagai makanan ringan seperti kacang , kuaci dan minuman ringan dan minuman kalengan yang bisa kita beli kepada mereka.

Tanpa terasa sambil mendengarkan lagu di smartphones saya , tahu tahu kita sudah tiba di dongguan city . yang artinya kita sudah setengah perjalanan dari guangzhou ke shenzhen . beberapa penumpang ada yang turun di dongguan ini dan adajuag beberapa penumpang dari Dongguan yang akan ke shenzhen yang naik . hanya 3 menit saja kereta akhirnya berjalan kembali menuju shenzhen , disini saya sempat tertidur sejenak sampai akhirnya saya bangun karena saya melihat keluar jendela ada tulisan Dongmen shennan Road ,..wah ini sih sudah sampai shenzhen ..bener saja 10 menit kemudian kereta sudah berhenti di stasiun terakhir yaitu Louhu , maka kamipun buru buru untuk keluar kereta dengan tertib , karena kereta akan dibersihkan untuk menaikan penumpang dari shenzhen kembali ke Guangzhou . WELCOME TO SHENZHEN !

Di Depan Shenzhen Railway station - Louhu

dari louhu stasiun ini kita langsung ke Hotel di Dongmen , karena barang bawaan kita banyak dan mbak ning bawa koper besar akhirnya kita naik taxi saja biar gak ribet gotong naik turun subway yang ada di bawah stasiun ini , padahal jika naik subway hanya 2 CNY / perorang sampai ke stasiun LAOJIE yang berjarak 2 stasiun dari louhu ini , sedangkan jika naik taxi kita harus merogoh kocek sebesar 23 + 2 Yuan charge night , karena waktu sudah menunjukan pukul 6 sore waktu shenzhen. ya sudah kita cari taxi yuk biar cepet sampe hotel , mau mandi nih ..nanti malem mau keliling ke Dongmen Pedestrian Street yang berada di depan hotel Xiang mei Laojie Hotel ...

Besok kita sambung lagi ya cerita  saya yang lebih seru lainnya...