Selasa, 13 Maret 2012

JALAN JALAN SERU DI HONGKONG ( Part 1 )


Hmm,..posting cerita  nih.kali ini aku mau berbagi cerita tentang perjalananku di kota Hongkong ,.Lanjutan cerita dari perjalanan di kota Macau ..
Sesi pertama ini saya akan menulis cerita tentang Victoria Park & Evenue Of star,.

     

                              ****** HONGKONG - KOTA SEJUTA PESONA DI ASIA.******
                   香港 - 在亞洲一百萬的魅力城市
Evenue Of Star , Kowloon-Hongkong



Suasana Hongkong Malam Hari.
@ About Hongkong....

Hongkong adalah sebuah kota district di negara Tiongkok yg berbatasan lsg dengan Kota Shenzen - Republik Rakyat China & dekat sekali dgn Kota Macau..Kota Hongkong ini berdiri sendiri sebagai Kota Kapitalis dari inggris dan sekarang disebut Hongkong SAR ( Special Region Administratif, ). kemudian Inggris pada tanggal 1 Juli 1997 mengembalikan Hongkong dari Provinsi Bagian Inggris Kepada Republik Rakyat China,.penguasaan Inggris terhadap Hongkong ketika itu setelah Inggris  menang melawan China thn 1841 saat perang Candu,..Bukan Candu Asmara ya hahhaa,..China menyerahkan Hongkong kepada Inggris untuk di jadikan sebagai Kota perdagangan antara Barat & Timur,..dengan jaminan resmi dari pemerintah China,,Inggris mulai menerapkan ekonomi Kapitalis di sini..setelah Hongkong Maju sesuai kesepakatan perang Candu,,Hongkong akan di kembalikan ke china,,walaupun harus  melalui perundingan & Negosiasi yg alot dari tahun 1994 , tahun 1997 maka diputuskanlah bahwa pemerintah Inggris  mengembalikan Hongkong kepada China secara resmi pada tanggal     1 Juli 1997,.namun hampir setengah warga Hongkong tidak setuju dengan keputusan itu,,tapi kesepakatan antar dua negara telah tercapai ,.maka mau tidak mau warga hongkong harus menerimanya,.saat hari  kembalinya Hongkong ke China hampir disetiap sudut kota Hongkong ini  ada perayaan meriah dgn diiringi kembang api dan terompet bagaikan perayaan tahun baru saja,..
Pada Upacara perayaan penyerahan kembalinya Hongkong ke China ini,.pemerintah China di wakilkan Oleh Ziang Zemin yg kala itu menjabat sebagai Presiden Republik Rakyat China & Pangeran Charles sebagai wakil dari Kerajaan Britinia Raya ( Inggris ),.

Upacara Serah terima Hongkong dari Inggris Ke China
Namun Pemerintah China tetap memberlakuan Dualisme Ekonomi bagi Hongkong ,yakni Satu negara Dua Sistem Pemerintahan, artinya walau Hongkong sudah menjadi bagian dari China kembali tapi sistem ekonomi Kapitalis Inggris masih tetap berlaku di Hongkong ini,.Dan Hongkong di beri Otonomi Khusus  penuh dari china ( SAR ) - bertindak sebagai kepala pemerintahannya Adalah Kepala Ekscutif Kota ( Chief Excutive City ).makanya sampai sekarang mata uang yg di pakai di Hongkong tidak kembali ke Yuan 
( mata uang China ) tapi mata uang tersendiri yakni HKD ( Hongkong Dollar )..
  

 *Hongkong terbagi 3 Wilayah yaitu Kowloon , Central & Hongkong island.

>>>  Hari Pertama di Hongkong (* Minggu 18 September 2011 )

lelah..dan masih sedikit ngantuk saat Mamaku membangunkan aku dari tidur pulas semalem..ternyata waktu sudah menunjukan pukul 7:30 Menit waktu Hongkong,.Tante Etty , Tante Fina, Lisa ,Nungky sudah bangun duluan,. Minggu pagi ini kita rencana akan menuju Victoria Park - Causeway Bay yg terletak di Hongkong Island,.taman taman di sudut Causeway bay yg ramai oleh TKI warga Indonesia yg bermukim di Hongkong,,sampai ada Rumah produksi di Indonesia yg memfilm kan victoria park ini..bercerita ttg Tenaga kerja Indonesia yg bekerja di Hongkong,.Judulnya "MINGGU PAGI DI VICTORIA PARK ". di Hongkong ini setiap hari libur sabtu & minggu , Tenaga kerja kita di hongkong mendapat libur seperti orang kantoran di jakarta & kota kota di  indonesia saja ,.dan mereka akan memakai kesempatan untuk berkumpul di taman ini..makanya tujuan kami pertama adalah menuju Taman Victoria di Causeway Bay,,..

Cover Film MInggu Pagi Di Victoria Park
Saatnya mandi, sarapan terus siap siapin peralatan buat di bawa jalan nanti..tidak lupa kamera untuk mengabadikan moment di sudut kota hongkong ini,.pukul 8:45 tiba2 BBM ku berbunyi yang isinya : BUNG KITA DULUAN YA KE VICTORIA PARK, KAMI NAIK MTR KESANA. NANTI KITA KETEMUAN DI SANA YA... " o ya MTR ( mass transit railway ) itu tuh Kereta Cepat bawah tanah di Hongkong... nah itu isi bunyi BBM yang kuterima dari Mbak Ning,,ternyata LISA, MBAK NING & NUNGKY udah gak sabar pengen duluan ksana.. jam 9 lebih dikit kami turun dari Hotel di MIRADOR MANSION ini untuk lsg menuju station MTR - TSIM SHA TSUI EAST, cuma 10 meter di sebelah kiri Hotel udah station MTR,,mmg kami sengaja mendekatkan Hotel dgn Stasiun karena biar mudah kemana mana dan Mirador mansion ini juga berada di jalan besar NATHAN ROAD    yg ramai itu. turun ke lantai dasar kita lalu ke tempat pembelian tiket,harga tiket MTR ke Victoria ini sekitar 18 HKD sekali jalan,,dan turun  di dua stasiun ( stasiun Admeralty trus ganti MTR langsung ke Causeway bay,.oya tiketnya kita beli di mesin pembelian tiket yg tersebar hampir di sudut rungan stasiun ini,.semua dgn sistem mesin,.masukan 20 dollar kembali 2 dollar,.tekan rute tujuan perjalannya yg tertera di layar,.semua sistem touchscreen..wuih canggihnya,..kapan ya indonesia ada transportasi seperti ini.??..


Dian & tante Etty beli Ticket MTR

Tante etty , mamaku & dian bertemu dgn TKI kita di Stasiun MTR Tsim sha Tsui

Tante Etty & Tante Fina Berfose di Causeway Bay

Kita Siap siap kita naek MTR ( Mass Transit Railway ) dari Tsim sha Tsui ini, menunggu 10 menit keretanya sampai ,eh  di dalam kita berjumpa dgn beberapa TKI indonesia yg akan ke victoria park,. akhirnya kami bareng ksana,.di dalem Kereta MTR ada banyak TKI TKI yg sdh masuk duluan dari beberapa stasiun,.mereka tinggal di sekitar Daerah PRINCE EDWARD , MONGKOK &  Yau mei tei serta daerah yang lainnya,. seru juga sih serasa di indonesia saja,.nah karena kereta ini sangat cepat,.jarak TSIM sha Tsui Ke Causeway bay  Via Admeralty station yg menyebrang pulau lewat terowongan kereta bawah laut..ihh seru & mantep gak??? hanya di tempuh dalam 25 menit saja,.asyik kan ( gak macet sih )..kan lewat bawah tanah..

MTR Station Hongkong

sampai di Causeway Bay keluar antrian penumpang kita langsung di suguhi gedung-gedung pencangkar langit. keren dan mewah gedung2nya..sangat ramai sekali disini.maklum ini kan hari libur,kita juga menyempatkan berfoto foto disini,.


Aku di Causeway Bay

Sudut Causeway Bay - Hongkong

Aku & Tante Etty  bersama Teman TKI di Causeway Bay


nah disini sudah byk sekali TKI - TKI yg hilir mudik,.mereka berpenampilan keren keren,,bak bagai peragawati,maklum Hongkong kan salah satu pusat mode asia,.pose foto dulu disini,.setelah itu lanjut ke Victoria park yang hanya berjarak 150 meter saja,..




My Mom in Causeway bay
@ Victoria Park - Causeway Bay
     銅 鑼 灣 -  維 多 利 亞 公 園

Jam 10:15 kami Masuk area ke area taman ini..wuih sdh ramai bgt yg beraktivitas disini,..ada juga pasar dadakan yg menjual macam2 souvenir, baju,dan yg lainnya.ada juga studio foto dadakan dgn bermacam background foto & baju yg disediakan oleh pihak penjual jasa,.
kegitan TKI  juga macam macam , dari sekedar sengaja bertemu teman2 satu daerah, mengobrol, ada juga yg pengajian bersama, doa bersama, bernyanyi nyanyi,.& kegiatan lainnya..

**Sebagian  Foto  Di Victoria Park & causeway Bay

Ngobrol bersama bertukar Informasi








TKI indonesia di daerah Causeway Bay


FotoTaman Victoria dari Arah causeway bay


TKI Indonesia Ngobrol Ngobrol di Victoria Park

Aku & Dian Berfose bersama dgn beberapa TKI


Rombongan photo di depan Halaman Victoria Park


nah yg uniknya lagi disini banyak TKI yg berdagang makanan ( sambil kucing-Kucingan  karena di taman ini dilarang berjualan makanan ).mereka berjualan di pinggir sudut2 taman dgn menggunakan Koper besar,.saya dan teman- teman juga tidak tau kalo di dalem koper besar itu isinya makanan,.hahaa ada ada saja cara mereka mencari tambahan rezeki ya,,??.dari percakapan dgn beberapa TKI,kita diberi info kalo ada yg jual makan dgn menggunakan koper di pinggir taman,.akhirnya kita makan juga disini,, karena kita blm makan siang akhirnya kita bercampur sama mereka untuk makan bersama,. harga perporsi antara 20 - 25 HKD ( 25-30 ribu rupiah ) , kita bebas memilih menu yg akan kita  makan,. ada pecel, bakso ikan & bakso sapi. ada sop, ikan bakar, sayur lodeh, rendang..sambel terasi.yah pokoknya makanan khas indonesia lah..

Sensation foto In Hongkong

Nah setelah selesai urusan makan , urusan saya selanjutnya merokok!!?????,.tidak boleh sembarangan merokok di Hongkong ini..kalo ketahuan merokok sembarangan kita di denda 5000 HKD  ( 7 juta rupiah ) atau 7 hari kurungan badan.ayooo...pilih mana kalo sampe ketahuan!!???,.tapi di taman ini disediakan tempat merokok khusus di sudut sudut taman..
makan di pinggir taman Victoria

Pengajian bersama di Taman Victoria

yah akhirnya saya ngopi sambil merokok di sudut taman dan sambil ngobrol2 sama beberapa TKi kita disini..sambil ngobrol & bercerita sama dengan mereka,,hmm lucu lucu pengalaman mereka,.sampe sampe saya di kerubutin beberapa TKi yg ingin berfoto bersama saya....( hmm naik daun nih..hhaahhhaa..) karena di Hongkong ini hanya 15 % saja TKI laki2 nya dari total hampir 4500 TKI di hongkong ini ,jumlah yg lumayan banyak ..nah siapa yg mau daftar jadi TKI di Hongkong???!!

Nah ini beberpa TKi yg kerja sambil Kuliah
gaji mereka rata rata sekitar 3500 - 4000 HKD atau sekitar 4 - 5 juta / bulan blm termasuk uang lembur apabila mereka sabtu & minggu masuk kerja juga..kalah gaji PNS Sarjana di indonesia yg golongan IIIA...

o ya TKI kita dihongkong tidak murni bekerja hanya untk membantu ekonomi keluarga di kampung saja ,tapi ada juga yg sambil kuliah disini,.saya sempet ngobrol dgn Mita yg sedang kerja sambil kuliah juga mengambil strata 1 bahasa inggris di daerah Mongkok,,karena setelah pulang jadi TKI dari hongkong ini dia ingin bekerja kantoran di jakarta,.ada juga yg kuliah economic bussines management,.

My Mom sedang Ngobrol sama Salah satu TKI yg sdh 10 thn tinggal di Hongkong


jadi dalam hati ,saya bangga dgn kartini kartini muda kita yg bekerja di luar negeri bkn hanya semata mencari uang tapi juga mencari ilmu pengetahuan,,bukan ilmu santet ya..hahaha..

Berfoto bersama TKI di Victoria Park
Tak terasa waktu sudah menunjukan pukul 3 sore,,saatnya kita hrs keliling ke tempat lainnya..kami berkeliling mall yg ada di sekitar causeway bay ini..saya mencari kaps ZARA yang bentuk   kerah V..karena ZARA ini sangat murah sekali di Hongkong..1 kaos cuma original cuma 70 ribu saja..mamaku dan tante fina beli sendal Croc's yg lagi ngetop itu deh,,saya juga sambil cari cari parfum buat saya & buat temen saya si Endah yang bawelll banget!!... dia ribut sekali BBM saya supaya jgn lupa beliin di parfum di Hongkong ini..hehehe..1 jam cukup sudah kami belanja,,
Pekerja liburan di Causeway Bay

akhirnya tante fin dan mama beli sendal..saya beli parfum, tante etty beli baju dan celana..sdh puas jalan2 dan belanja di causeway bay - Hongkong ini kami  pulang menggunakan MTR lagi menuju hotel di Mirador mansion - Tsim sha Tsui. karena kita kan istirahat dahulu di Hotel dan nanti malam kita akan nonton sinar laser lampu menari ( SHYMPONY OF LIGHT ) di  Evenue Of star , dimana permainan sinar laser lampu yang menari nari di gedung gedung bertingkat ini masuk dalam Buku GUINESS BOOK OF RECORD , posisinya pun tidak jauh dari sekitar Hotel tempat kami menginap,.
Nungky & Lisa Di Causeway Bay




@ Evenue Of Star - Kowloon 
           ***malam yang indah di Evenue Of star
           星 光 大 道美 麗 夜 景

THE NIGHT IN EVENUE OF STAR - HONGKONG




Evenue Of Star

**setelah istirahat sejenak di Hotel , tepat jam 7 mlm..saya, lisa, mbak ning, Nungky & dian jalan ke evenue of star,.mama, tante etty & tante Fin lebih memilih tuk istirahat saja di hotel karena kecapean,.dgn berjalan kaki dari hotel melewati dalam Station MTR Tsim sha Tsui kami hanya membutuhkan waktu 15 menit saja tuk sampai di Evenue of star ini,..


Beberapa fose Di Evenue Of Star



Berlima berfose di Halaman Evenue Of star

kami sampai juga di evenue Of star ini pukul 7 lebih 25 menit malam..

Pelataran Taman Evenue Of star
Hhmm... sungguh indah mlm ini, ramai sekali pengunjungnya..ada atraksi dari band band lokal hongkong, ada yg sedang berpacaran..& banyak pula turis turis asing dari amerika,eropa, jepang dan benua lainnya..
Aku & Lisa Bersama Pengunjung Dari Amerika

Nungky& Mbak Ning di pinggir laut Evenue Of Star


Memang Evenue Of star ini salah satu tujuan wisata di Hongkong,.disini jalan jalannya byk di penuhi tanda tangan dan cap jari bintang film terkenal Hongkong bahkan artis dunia, seperti Jet lee, Jacky chan dan yg lainnya..


Jacky Chan  membubuhkan cap tangan di Evenue Of star


Anda pernah Nonton Film Jacky Chan Sama Chris Tucker yang berjudul * RUSH HOUR II *??? , adegan filmnya banyak berlokasi di sekitar YAU MEI TEI dan sekitar Tsim sha Tsui - Kowloon terutama di perairan sekitar Evenue Of star ini,. memang ini tempat ini sungguh mengagumkan,..  


kami berputar putar sambil berfoto foto di sekitar areal ini..lampu lampu gedung2 dipinggir taman laut ini bersinar terang setiap malam tiba, pusat bank HSBC pun berada disekitar areal ini, ..
o ya sengaja kami memilih berkunjung kesini malam hari ,,karena kami ingin menyaksikan Evenue of star light show atau disebut Shimpony Of light yaitu permainan sinar laser dari gedung2 sekitar Evenue Of star ini yg menari dari gedung2 sekitar mengikuti irama lagu,.pertunjukan ini berlangsung 15 menit setiap harinya dari tepat pukul 8:00 malam sampai dengan 8:15 malam..


Symphoni Of Light - Evenue Of Star
Tepat pukul 8 mlm waktu Hongkong, kami semua diam sejenak untuk mengambil posisi yg baik untuk menyaksikan sinar laser lampu dari gedung gedung pencakar langit yg mengeluarkan lampu sinar laser menari ini..wuihhh..sungguh pantastis,.byk orang yg kagum akan keindahan lampunya.Tak heran Guinness Book Of Record menganugrahi Evenue Of star ini sebagai taman kota dgn permainan lampu yg menyala & menari setiap malam,.
kalo pas kebetulan ke Hongkong jangan lupa mampir ke Evenue Of star yg berada di daerah Kowloon.. terutama datangnya malam hari untuk menyaksikan SYMPHONI OF LIGHT
                                                        
                                                                                           Video di Evenue Of star


Tepat jam 8 malam pertunjukan dimulai , pengunjung duduk sejenak tuk menyaksikan dari pinggir laut, 15 menit pertunjukanpun usai, puas & terkesan banget pertunjukannya,..selesai dari menonton Symphoni Of light ini kami makan & duduk sejenak disini sambil tidak lupa berfoto foto..,karena taman pinggir laut Kowloon ini semakin malam semakin ramai yg datang,.kita juga berfoto di telapak & cap tangan bintang terkenal, disini juga ada patung jagoan kungfu legendaris Bruce Lee,..

Patung Bruce lee

Aku di Taman Evenue Of Star


akhirnya jam 10 kita pulang ke Hotel karena badan sdh sangat capek...eh ternyata setelah kita hampir dekat hotel kami bertemu dgn mamaku, Tante etty & tante fin..mereka jalan2 &  belanja di di Factory Outlet sekitar daerah Cameroon Road & Nathan Road yg sangat ramai ini..( mereka nggak betah di hotel saja..hahaha..)

Aku berpose di Symbol Evenue Of star


Suasana malam di Cameroon road - Tsim sha Tsui

Nathan Road - Kowloon 21 Sept 2011 By Yovie
maklum malam ini Hongkong ini sangat ramai sekali...kamipun akhirnya ikut belanja lagi,,tante fin belanja parfum buat ponakan,temen2nya, tante etty belanja baju buat oleh2 anak,cucu di lampung,..eh aku cuma mau isi perutku saja yg jam 11 mlm ini sdh laper lagi..di depan Cameroon Road ini ada KFC 24 jam..( makan lagi deh ayam + sup ) harganya 30 HKD / Paket,.o ya disini tdk ada nasi seperti di KFC indonesia..hhahaa..ya sudahlah tak apa,..

Menu mkn malamku di Hongkong

tidak terasa waktu di jam tangan saya sdh menunjukan jam 12 : 20 waktu Hongkong,.akhirnya
hampir jam 1 malam kita balik ke hotel yg tidak terlalu jauh dari cameroon road ini,.siap siap buat istirahat,cuci muka, cuci kaki, minum vitamin & langsung rebahan dan Bunyi ZZzzzzzzz.....( Ngorok.com ) 
maklum capek keliling dari pagi sampe malam dini hari bro..sampe jumpa besok dgn cerita seru perjalanan saya mengunjungi tempat lainnya di Hongkong ini...bye bye,,,...



** Baca lanjutannya linknya ya di Klik Saja >  Part 2  , tempatnya terbatas nih,.,masih byk cerita seru lainnya yang saya akan ceritkan kepada pembaca semua...
sampai jumpa...


@Yovie ardhi









Tidak ada komentar: