Jumat, 04 Januari 2013

CERITA - GAYA ANAK ANAK & REMAJA ABG TAHUN 80-90an ( KENANGAN CERITA TEMPO DOELOE )



Salam jumpa lagi  pembaca setia blog ku...senang berjumpa lagi disini dan membaca sepenggal kisah kisahku dan pengalamanku dalam sebuah cerita dan tulisan,...
kali ini adalah cerita sepenggal kisah lama yang menjadi kenangan indah saya dan mungkin kenangan indah pembaca yang mengalami masa masa dulu saat kecil dan remaja di era 70an akhir - 80an bahkan sampai awal 90an...
saya ingin berbagi kenangan indah yang saya alami walaupun dahulu hanya terbatas pada cerita anak kampung, dan masa itu juga teknologi tidak secanggih seperti sekarang , tapi semua kita pada masa itu dapat menikmatinya bahkan sampai terkesan dilubuk hati yang terdalam sampai saat ini , mudahan tulisan ini dapat membangkitkan kenangan indah di saat saat itu ....




*****

Masa anak anak & remaja adalah masa yang paling indah untuk kita kenang, banyak cerita dan peristiwa yang pernah kita alami, baik suka maupun duka,.disisi lain ada juga kenangan indah peristiwa yang sedang trend atau hits pada saat itu,.kebetulan saya yang lahir pada era awal tahun 70an,,dan mengalami masa indah remaja pada saat akhir tahun 80an dan awal tahun 90- an...
Sebagai gambaran , saya lahir dikota yang lumayan ramai di gerbang utama kota sumetera yaitu Kota Tanjung karang, Bandar lampung.., Di kota ini saya menghabiskan perjalanan sebagian hidup saya , dari lahir tahun 1974 kemudian sekolah dasar di kampung sawah lama , SMP di sekitar tanjung karang timur ( SMPN 4 tanjung agung ) lalu menimba ilmu di SMA Negri Way halim ( SMAN 5 T.karang ) sampai lulus kuliah sekitar tahun 1996.
Dari masa kecil dulu saya pernah merasakan hal hal atau kejadian yang indah untuk tidak mudah saya lupakan sampai saat ini..dan mungkin juga bagi sebagian para pembaca tulisan saya ini  , saya pernah mengalami hal hal atau kejadian kejadian yang sulit untuk saya & kita lupakan..sampai saat ini .., 
saya masih ingat sebagian kejadian kejadian itu..kali ini disini dalam tulisan ini saya akan tuangkan  sebuah cerita dalam sebuah tulisan saya , semoga tulisan  ini dapat mengingatkan memori teman teman yang mengalami kejadian kejadian atau memori kenangan pada saat tahun tahun tersebut... 
saya ingin tulisan dan cerita saya ini  dapat menghibur dan mengingat kejadian kejadian itu yang mungkin tidak akan pernah terulang kembali...dan sampai kapanpun kenangan indah itu tidak akan pernah terulang ..

Selamat membaca dan mengenang....





******
Terkadang saya jadi mau ketawa dan senyum senyum sendiri jika mengenang masa remaja dahulu, kebetulan saya sendiri mengalami masa anak anak tahun 80an & masa  remaja di Era tahun 90an itu..banyak kenangan manis yang indah yang saya ingat waktu zaman tahun 90an ( akhir 80an - awal tahun 90an..)
Banyak saja gaya remaja atau ABG saat itu ,,mulai dari kebiasaan berpakaian yang sedang trendy saat itu, gaya bicaranya , sampai film film remaja yang sedang hits di bioskop sampai film film yang sedang trend di TV..( cuma TVRI saja yang saat itu siaran )..heheee..
kali ini saya ingin menulis beberapa kejadian atau beberapa kebiasaan remaja di era akhir tahun 80an s/d awal tahun 90an..kalo pembaca yang inget dan mengalami masa remaja di era tahun tersebut pasti akan terkenang saat itu atau setidaknya tau bahkan juga  pernah mengalami kejadian atau peristiwa tersebut.. 

 
Yang masih saya ingat sampe saat ini antara lain :

 
* Tiap malam lebaran acara di TVRI, acara yg ditunggu-tunggu adalah operet Papiko-nya Titik Puspa. dengan sederet bintang top saat itu dan para komedian yang paling top..
PAPIKO LEBARAN TVRI

  
  > Nonton Aneka Ria Safari jumat malam jam 9:30  dengan    pembawa  acara   Eddy sud & Sri maryati..
  > Selecta POP & Video Music Indonesia.( MC Dian Nitami ).
  > Music Telerama dengan pembawa acara Anita Rachman..
  > Music Dari masa ke masa dengan MC Mariana Ramelan..  
  > Acara Music Chandra Kirana dibawain penyanyi Senior Diah Iskandar 
  > Quis SIAPA DIA dengan pembawa acaranya Aom Kusman 
  > Berpacu dalam melodi quis kamis malam jam 10 malam dengan pembawa Acaranya Koes Hendratmo dan pengiring musicnya Ireng Maulana All star..
  > Acara Quis Gita Remaja dengan pembawa Acaranya Tantowi Yahya.. 

 
 * Kalau hari minggu siang ada film cerita RUMAH MASA DEPAN , dengan pemeran Pak Syukri , gerhana , Bayu serta si pintar sangaji , sampe sampe kalo guru di sekolah maupun ortu bilang  tuh belajar di rumah biar pinter kayak sangaji..hehee...sinetron ini berlatar sebuah desa di jawa barat yang bernama ' CIBEUREUM "

 * Dulu lembaga pendidikan sangat sedikit , tidak seperti skrg yang menjamur,.kata guru kalo mau pinter bahasa Inggris nonton ENGLISH PROGRAM yang di bawain Oleh Nisrina Nur Ubay ,,dan kalo berhalangan sering digantiin sama Anton Hilman ( mukenyaganteng dengan kacamata mirip superman kalo lagi pake jas ) karena anton Hilman siaran selalu pake jas..
  • Tahun 1983 sekolah disuruh libur karena ada gerhana matahari Total, di situ gak yang ada keluar rumah karena kalo kena sinarnya bisa menimbulkan kebutaan mata..( gak boleh juga liat pake kaca atau pake baskom yang dikasih air )                                                 
  • Setiap hari Jumat selalu disuruh pake kaos olahraga karena sebelum masuk kelas di sekolah kita diwajibkan ikut SKJ ( senam kesegaran Jasmani ) , sekolah saya kan sekolah SD terpadu ( SD Inpres Teladan ) ,maklum kta kan murid teladan , hahaha ..kata teman teman saya sih saya murid teladan , teladan mukulin kakak kelas yang jahil sama dek kelas ya, sampe sampe sering banget dio panggil ke kantor guru ..haha ( tapi kalo jadi laki gak nakal gaka akan dibilang laki laki  ya.. ) ,  sekolah saya dalam satu areal  sekolah yang besar , disini ada  ada 4 sekolah terpadu , oh ya satu SD itu muridnya ada sekitar 150an murid jadi yang Ikut SKJ ada sekiatr 500-600an murid bisa kebayang kan kalo 4 sekolah jadi satu trus kita ngikutin SKJ , seru seru banget , apalagi kalo  senamnya di belakang. .yang ada  gangguin  temen  temen   cewek yang serius olah raga..hahahahaa..(Usil.Com)                                                                                                                    
  • masih inget dong serial KUM KUM - Scoby do.. be do      ( serial TV sore Hari Buat anak anak..)                                                                                                                                                          
  • Pas pulang ngaji dari mesjid sekitar awal mei tahun 1984 ,,kok dijalan sepi banget, ternyata di rumah lagi pada nungguin pertandingan Elyas Pical lawan Ju do Chun, ramenya minta ampun di rumah..tetangga pada nonton di rumah semua karena pada saat itu sedikit yang punya televisi..jadi seru ..kebetulan Elyas Pical menang KO dari Ju do Chun..dan indonesia mempunyai Juara Dunia Tinju  pertama versi IBF ( iNternational Boxing federation)                                                                                                                                       
  • Masih di tahun  1984 , Indonesia punya jago jago Bulutangkis seperti Icuk sugiarto, Liem swie King , Hastomo arbi ,.Final Piala thomas di China ..kedudukan 2-2 setelah Liem swie dikalahkan Lu an Jin,.nah di atas kertas indonesia bakal tumbang karena Pemanin pengganti Hastomo Arbi harus melawan Han jian..tidak taunya Hastomo arbi dengan kekuatan penuh bisa numbangin Han Jian yang lebih hebat peringkatnya dari dia..dan Indonesia berhasil Menang 3-2 ( laga piala Thomas & Uber pertama yang mepertandingkan 5 Partai , karena sebelumnya 9 partai pertandingan ) Indonesia mengambil kembali Piala Thomas dari china setelah Tahun 1982 Kita kalah dari China 5-4..dan hastomo Arbi jadi pahlawan kemenangan Indonesia .sampe seluruh surat kabar halaman depannya isinya tentang piala Thomas indonesia..Indonesia memang Hebat pada era 70-80-90an .. ...
 
Hastomo Arbi di Final Thomas 1984

* Kalo sudah Sabtu sore , rame rame Nonton sanggar Cerita..kebetulan di tetangga saya banyak sekali anak anak yang kebetulan tidak jauh umurnya dengan saya , jadi kita sering berkelompok , makanya rumah rame yang pada nonton bareng tetangga ,.menyenangkan sekali bisa bertetangga yang baik dan salin bantu membantu , sehingga tanpa kita sadari kita sudah seperti keluarga sendiri antar tetangga maupun teman, karena seringnya kita bantu membantu ..oh indahnya .., kalo saat menulis ini saya jadi teringat tetanggaku yang sudah banyak yang pindah dari sebelah rumahku ...
 
 
* pada saat pulang sekolah banyak guru yang memberi tahu bahwa kita rajin rajin  nonton Cerdas cermat & Cepat tepat di TVRI setiap jum'at sore ,biar pinter  & banyak pengetahuan katanya..jadi nilainya dan pengetahuannya bisa luas , seluas samudera pacific ya bu...hehee..

Fotoku saat TK saat akan lomba nyanyi TK se Bandar lampung


* Nonton Peluncuran satelite palapa B1 tgl 18 Juni 1983  & satelite Palapa B2 yang salah satu astronotnya orang Indonesia perempuan pertama..siaran langsung di TVRI yang Diluncurkan dari Kennedy Space Center, Cape Canaveral, AS. dan satellite ini ternyata punya indonesia yang dibuat oleh bapak teknologi kita , Prof.DR ,ing.BJ. Habibie..
jadi masyarakat indonesia dan dunia harus tahu bahwa pada saat itu indonesia sudah lebih maju dibanding negara negara asia lainnya...

* Wajib nonton Film JANUR KUNING secara keseluruhan sekolah dasar & menengah pertama dengan pemeran utamanya TEMON ( yang ingusan.com ) , Tiketnya 200 Perak untuk pelajar..

* kalo liburan sekolah ke jakarta tempar pamanku di Kebon kacang tanah abang , sore sore diajak jalan jalan dari bunderan HI ( hotel indonesia ) ke monas naik helicak..wah senang banget bisa leat jalan thamrin sore hari naik helicak..sekarang helicak sudah tergusur di jakarta...

* Nonton Film Unyil  ( Unyil , Pak raden , Pak Ogah, Ableh, Ucrit, Usrok , Melani ) yang booming setiap minggu jam 11 siang ..dan diteruskan dengan nonton Ria jenaka ( Petruk & gareng )


  •   Bela belain nabung celengan ayam buat beli sepeda mini , sepeda yang ad boncengan di belakang dan ada keranjangnya di depan ,,karena pada waktu itu Rano karno (Galih ) ama yessy Gusman     ( ratna )  naek sepeda itu saat Film GITA CINTA DARI SMA ,dan harga sepedanyanya masih saya inget sampe sekarang yaitu 85 ribu tahun 1984..bawa sendiri dari toko sepeda di pasar ke rumah..wah gaya dan seneng bener rasanya..kalo naek sepeda itu ada yng bocengan cewek & cowok  kita sorakin tuh..cieee..cie...Galih & Ratna Ni yee..wkakakaakkkk..                                                                    GALIH & RATNA MOVIES                                                                                                            
  •   Penyanyi anak anak yang ngetop dan bagus lagunya adalah Julius sitanggang beserta keluarga sitanggang..harga kasetnya masih Rp. 1.500,- ( duit jajan sekolah 2 minggu ) dengan Hits pertama mereka TABAHLAH MAMA.                                                                    
  •  inget donk Euis darliah yang exotic , heboh dan bibirnya tebel..dia hits dengan lagunya  APANYA DONG Ciptaan Titik Puspa....                                         EUIS  DARLIAH 
  •                                                                              
  • setiap  bulan puasa tiba,seluruh sekolah seluruh Indonesia diliburin sama menteri pendidikan Prof DR.Fuad Hasan,.supaya anak khusuk beribadah puasa..padahal puasanya ada yang diem diem makan siang di belakang rumah ..hahaaa..( termasuk yang cerita ya..hehe) , ini pengalaman yang sampe skrg kalo ketemu temen yang sahurnya jam 12 siang jadi ketawa tawa,,,..hahahaa...
Dunia Dalam berita TVRI

*  Dahulu murid SD & SMP rata rata Hafal nama nama menteri kabinet Presiden Soeharto , karena menterinya gak diganti ganti atau tidak resufhle   selama periode tersebut,..Contohnya yang sampe sekarang saya masih inget, antara lain :...
  •        Menteri luar negeri : Mochtar kusuma amatmadja                                                      Ali Alatas
  •        Menteri Dalam Negri : Rudini , Edy sudarajat
  •        Menteri perumahan rakyat : Cosmas Batubara
  •        Menteri Penerangan : Ali Murtopo - Harmoko
  •        Menteri lingkungan hidup : Prof Emil Salim
  •        Menteri pemuda & olah raga : Abdul gafur..
  •        Menko Polkam : SUDOMO
  •        Menteri keuangan : Radius Prawiro - JB.Sumarlin
  •        Menteri negara Riset & Teknologi : BJ.Habibie
  •        Menko kesra  : Acmad Taher 
  •        menteri peranan wanita :     Sulasikin moerpratomo
  •        Gubernur Bank Indonesia :    Arifin M Siregar -                                                                                  Sudrajat Djiwandono
  •        Menteri Sekertaris Negara :    Moerdiono 
  •        Panglima ABRI :  M. Jusuf - LB Moerdani -                   Try   sutrisno - Faisal Tanjung - Wiranto..
  •        Menko Ekuin     : Ginandjar Kartasasmita.. 
  •        Menteri Perindustrian : Ir. Hartarto 
  •        Menteri Pos & telekomunikasi  : A. Taher - joop Ave 

* Tiap Rabu sore udah stand bye nonton TVRI acara mari menggambar nya Pak Tino sidin yang semua gambarnya bagus katanya beliau,.sampe belain belain ngirim gambar biar dapet hadiah..( lumayan,. dikirimin pak Tino sepaket alat tulis dan tas sekolah ),.Thanks Pak Tino..
PAK TINO SIDIN MENGGAMBAR AKU..,
  • Sempat ngerasain punya buntut di rambut belakang, alias bahasa gaulnya * GAWIR * ,.kalo disekolah diumpetin takut ketauan guru..soalnya kalo ketauan guru bisa digunting, sedangkan manjanginnya bisa setahun lebih ( Maklum Gurunya di larang pake Buntut di rambutnya ) jadi mereka iri hati...hahahaa....
     
  • Pada keranjingan dengerin lagu di walkman.( tape saku pake kaset ) setelah itu pertengahan tahun 90an dengerinnya di DISCMAN ( udah pake CD)...                                                     
  • Bacaan komiknya Kho Ping Hoo sama pendekar 212 Wiro Sableng sepeminuman Teh dah jaraknya  , kalo mau ngukur sejauh mana di berjalan...( hahaa..), ngitung jarak pake ngabisin teh..kalo tehnya sambil ngobrol terus ngerokok yang minumnya , lama donk nyampenya...                                                                                                                                    
  • kalo sekarang banyak teroris di indonesia , mulai dari Bom Bali 1 , Bom bali 2 dan serangkaian aksi teror bom dan   teror lainnya..kalo dulu teror pembrontakan cuma 1 yakni di lampung , tepatnay di lampung tengah..waduh dolo ada jam malam di lampung yang saya rasakan.intel dimana mana, ini keajdian sekitar tahun 1987an kalo tidak salah.tapi karena waktu presidennya bekas angakatan darat & yang menumpas juga angkatan darat KOREM 043 gatam lampung yang kebetulan waktu itu Danremnya di jabat HM.Hendropriyono ( pensiun terakhir kepala BIN - Badan Intelejen Negara ) , jadi pembrontakan lampung gak sampe meluas dan terkendali , padahal hampir saja menurut tetangga saya yang Intel Korem , bahwa besoknya sudah akan ada peledakan di KOREM lampung dan pusat kota yang direncanakan pembrontakan yang menamakan dirinya Pembrontak Mujahidin..( kalo inget suasana waktu itu serem & mencekam ) abis maghrib semua pada sepi dan masuk rumah..                                                                                                                                       
  • Baca  Deni Manusia Ikan yg dari dulu sampe hari ini masih nyariin orang tuanya yg hilang...( kayaknya sampe skrg gak temu temu )..
 * Masih Inget donk Break dance , itu tuh gaya Tarian Patah patah asal negara Paman Sam - USA, di tahun awal - pertengahan 80an ngetop banget ,  sampe ada perlombaan Break dance di 17 agustusan di kampung gw di Bandar lampung , sampe sampe waktu gw liburan ke Jakarta gw sempetin main mainnya ke Melawai - Blok M , disana masih ada diskotic LIPSTIC yang di Melawai raya ( sekarang sih udah Jadi Blok M Square ) ,jalan melawai itu sangat TOP banget , sampe dibuat Film Lintas Melawainya Paramitha Rusady dan lagu Lintas melawai yang di bawain sama Rocker 80an Harri Moekti yang sekarang dah jadi Ustadz.

di sekitar jalan melawai tiap sore banyak yang nongkrong pake Tape compo yang di panggul dipundak sambil tapenya diidupin didepan orang orang yang lewat supaya di liat atraksi kita tuh di pinggir jalan..rasanya udah kayak orang paling kereeen aja se indonesia ,pinter nari Break dance ..hahaaa..

Oh ya saking Booming nya nih break dance , sampe dibuat Film Break Dance Indonesia yang judulnya * GEJOLAK KAWULA MUDA * yang di peranin aktor Rico Tampati & Chica Koeswoyo..gw nonton Nih Film di Bioskop Lampung Plaza ( sekarang dah tutup th Bioskop )

* Tiap  malam nungguin film di TVRI Charlie angels , BJ & the bear ( simpanse pintar dengan supir trailer )

selasa malam nungguin film THE Six million Dollar man ( sampe sampe Warkop DKi membuat film plesetan kocaknya MANUSIA 6 Juta DOLLAR )
CHIP'S & SIX MILLION DOLLAR MAN
* rajin nonton Film CHIP'S nya Eric Estrada setiap Kamis malam ( versi warkop DKI juga buat film ini Karena saking boomingnya film serial televisi ini..)

* Tahun 1987 ada anak muda yang paling Ganteng dan alim "Si boy" di Film dari cerita Si Boy ,  Film Catatan si Boy dengan pemeran Dede Yusuf , Ayu Azhari , Btari Karlinda ( jadi adek Boy ) serta Meriam Belina ,Film Catatan si Boy yang juga yang mengorbitkan Seorang Onky alexander sebagai pemeran utamanya, serta didi petet sebagai Emon Banci..gw sampe ngikutin nontonnya dari cabo 1 - 5..dari gaya si boy inilah gw coba mengikuti langkah gayanya yang trendy dan disukai oleh banyak teman dan terutama para wanita..hehehee... tapi dunia memang sempit ya ?? saat saya kerja di jakarta pertengahan 90an sampai akhir 90an menjelang tahun 2000an saya sempet kost dan bertetangga dengan Onky alexander..heheee..

Onky Alexander sebagai si Boy
* Diakhir Tahun 90an Booming film lupusnya Ryan Hidayat..sampe bela belain sisain uang untuk jajan beli permen ,biar gayanya kayak  lupus ...

Ryan Hidayat dalam film LUPUS

* Suka bersepeda BMX yang lagi trend saat itu, beli sepeda dari nabung Uang jajan setahun bok!!!sampe sampe ikut balapan dan ketangkasan sepeda BMX...( Walau cuma menang jauara Harapan 1 ) ..hahahaa..
Atraksi Sepeda BMX

  • Kalo bulan puasa buat Bom bambu yang disulut minyak tanah supaya mengeluarkan suara DUUM DUUM !!sampe jedumannnya diisi kaleng susu supaya bisa mental kayak meriam tentara betulan..                                                                                                                
  •  adu kedondong dan biji asem yang bijinya di tempelin di marmer kecil pake getah ..
     Pake baju sekolah yang agak gede supaya tangannya bisa dilipet,.        ( trend mode.com )     
  • jajanan pulang sekolah waktu kecil ada coklat ayam sama permen karet seperti bola kelereng yang warna warni..     serta makan coklat waper superman..harganya masih cepek alias seratus rupiah , coklat ayamnya 50 perak..( whauahaaa,..kalo sekrang duit segitu dah gak laku )  
  •                                                                                              
         
  • kalo nongkrong dan gaul kayaknya gak afdol kalo gak pake Kaos Oblong atau T-shirt bahasa kerennya yang logonya C59..( dah keren dan mantep pada waktu itu tu..)                 
  • celana panjangnya yang Model Baggy dengan bagian atas yang gede dan bagian bawahnya kecil.. terus muncul gaya rocker yang kecil dibawah ,,masukin celannya terpaksa pake tas plastik kresek supaya mudah,,nah kalo pas kebelet buang aer besar jadi repoot,..untung gak sering beol di celana karena bukanya susaahh...( Mode kadang2 nyusahin..hahaa..)                                                                                                                             
  •  Bacaan majalah cerpen Favorit nya pasti anita Cemerlang , ini temen sekelas gw sampe langganan majalahnya ..apalagi kalo cerita cerpennya yang nulis si Zara Zetira ZR , wah seru banget ceritanya...                                                                                                  
  • Kalo bacaan favorit majalah Pria nya majalah Hai & Majalah Mode, sampe langganan majalahnya ..sapa tau bisa jadi Cover Boy majalahnya..kalo yang Cewek pasti bacaanya majalah GADIS.
Majalah 80-90an yang TOP

* Kalo pake sepatu, bagian belakangnya diinjek (biar macho?).+ pake celana panjang yang dinaikin setangah kaki kayak orang abis ngelewatin  kebanjiran,..hehehee..
 
* Nunggu pertandingan jam 11 siang Tinju siaran langsung Mike Tyson yang waktu itu gak pernah kalah,..sampe sampe satu kelas yang cowoknya bolos untuk nonton Mike Tyson bertanding..besoknya di strap dijemur di lapangan sekolah gara gara ketauan nonton tinju bareng di rumah temen.. ( pas waktu itu Tyson kalah dari james Douglas di Ronde ke 14 ) dasar apes sekalinya nonton eh kalah..besoknya dijemur lageeee...hehehee...

* Karena gak ada tontonan sinetron seperti sekarang ini, ada sinteron drama serial LOSMEN Bu broto yang booming di era 80an , karena nyokap seneng , ya terpakasa ditonton juga....tapi akhirnya jadi kenangan..



* Inget MIDUN ( Sandy Nayoan ) dalam serial Tv Sengsara membawa Nikmat yang meroketkan nama Sandy nayoan ,.
Sandy nayoan sebagai MIDUN
SINETRON MIDUN

* Serial TV SITI NURBAYA juga hits dengan HM.Damsyik & Novia Kolopaking dengan pemeran utamanya..
SERIAL SITI NURBAYA
* Nonton serial ACI ( aku cinta Indonesia ) yang diperankan Agyl syahriar ( Amir ) & CICI ( Dyah ekawati utomo ) yang sempet ceritanya gaka akan terlupakan..tentang anak sekolah SMA yang pintar , dan penuh tanggung jawab..
Cuplikan Opening filmnya
* Niru gaya bicara rodolfo Yang isi katanya begini :  tidak oh tidak Tuan Baron !! ,.karena seringnya di TVRI di puter Telenovela pertama di Indonesia Yakni Little Missy..telenovela Amerika latin yang di adopsi di indonesia dengan dubbing bahasa Indonesia ..( bahasa indonesianya jadi aneeeehhh..tapi lucu & unik hahahaa )

* Pake baju kaos Hammer, Posh Boy  & CF ( Country Fiesta ) motif garis garis dipadu celana jeans TIRA, AMCO & LEA dan memakai sendal jepit swallow.. ( kayaknya keren tuh saat itu.) hahaa..






* Sering nonton Padhyangan Project dengan humor ala plesetannya...sampe buat album lagu plesetan lagu lagu yang sedang ngetop pada saat itu..


Padhyangan Project
 
* Make sepatu ala ABRI merek Dok Mart (katanya kependekan dari Dokter Marten, wakakak, sapenye Roy Marten niih) sampe banyak tiruan nya yang nama merk depannya pake dokteer juga,,.hahaa..
Sepatu DOKMAR yang Hits di era 90an

*  Menjadi Korban Celana Bergaris (KCB)  merk freeway..

*  Beli dan makai sepatu Reebok PUMP (pompa truuuusss.. ) biar agak tinggi..

 

Sepatu yang trend saat zaman SMA
* Ga lupa beli juga sepatu La Gear Light (masih inget nyala lampunya doonk,,wakakaka) walau kadang kadang ada yang kakinya bau...hahahaaa..
 

* Rambut cewek  minta dipotong ala DEMI MOORE (hahahahaha),  boomingnya film Ghost di awal tahun 90an ..banyak cewek cewek yang rambutnya di potong pendek ,sapa tau yang rambutnya di potong pendek jadi sodara demi moore .dan diajak maen film bareng .hahaaa...

 

* Suka main DING DONG kalo abis pulang sekolah ( nyiapain sisa koin telp umum )
DING DONG GAME

* suka nyimpen koin gocap buat  nelp telpon umum di sekolah maupun tempat umum..

* Gak mau rugi nelpon? Pake aja KOIN GANTUNG - duit gocap dibolongin terus diagntungin benang supaya gak nyemplung ke kotak telponnya..( yang rugi kan telkom ) hahaaa...
Telp Umum Koin Zaman dulu..

*Gak ada duit buat ding dong?? Gampaaaang, maen aja GIMBOT ( Game watch.Com ) yg diiket pake tali yg maennya sambil jongkok (kl waktunya abis, tuh tali ditarik ama abang2nya..wakakaka )

* Sering beli kaset Penyanyi yang Top seperti Deddy Dhukun, Dian PP, Fariz Rm, Malyda, trie Utami, Yopie Latul., ikang Fawzi,.group Band SLANK..lagu lagunya Hits pada era 80-90an..
 
POP SWATCH
* Make jam jengkol merek POP SWATCH (ingeeet gak?? Jam yang gedenya amit2 dan bisa di cantelin di kaos).nih kebanyakn temen temen cewek di sekolah yang pake,,knapa gak sekalian aja bawa jam dinding yaaaaa..!! hehehee.,..
 

* kesekolah pake tas ransel ala alpina, & jayagiri...
 

* Nonton serial drama SI DOEL ANAK SEKOLAHAN nya Rano karno,,( skrg dah Lulus & gak sekolah lagi karena dah jadi wakil Gubernur Banten )..
 

* Bela2in nonton NKOTB (New Kids on The Block)…Jordaaaan & Friend..!! nonton di TPI juga bisa sampe ada temen yang bela belain bolos sekolah lompat pager untuk nonton siaran NKOTB..hehee..
NEW KID ON THE BLOCK Era 90-an
* Biar ga cupu, mesti milih aliran musik, PUNK, GRINDCORE, atau HARD ROCK.

* suka denger musik Mettalica, GNR dan aerosmith , Skid Row,Sepultura.& MR. BIG, NIRVANA  .biar kayak anak metal..( salam 3 jari )

* Nonton konser kantata taqwa Setiawan Djodi , Iwan Fals, WS.Rendra di Gelora Bung Karno senayan tahun 1991,.tiket masuknya hanya beli kaset Kantata Taqwa yang dalemnya udah ada tiketnya,.harga kasetnya Rp.5000,-..opening art  konsernya IKang Fawzi,Anggun C sasmi & Nicky Astria..lumayan Goceng nonton artis top. walau masuknya agak susah banget,yang nonton rame banget , penjagaannya pun super ketat...yang dateng hampir dari seluruh penjuru jawa dan sebagian sumatera..



* sering baca dan beli Majalah Hai  & Mode , sapa tau bisa jadi cover Boy majalah mode hehehee..

* Gropu band KLA Project muncul dengan hits hitsnya seperti TENTANG KITA pada era 1987, JOGJAKARTA, LAGU BARU..pada era awal 90an..
DEWA & KLA PROJECT
   
* Nunggu kuis jari jarinya Pepeng di RCTI..sapa tau bisa dapet   hadiah..padahal masuk untuk nelponnya Susaaahhhh Banget, Zaman itu antara 80-90an RCTI masih TOP Banget Acara Acaranya..


* Banyak Rambut Potongan ala STOCK ON YOU  >Almarhum Yanto Stuck On You ( pelawak  )
 

* Suka nonton FILM Warkop DKI saat lebaran idul fitri..( nongolnya setahun sekali nih film pas lebaran )

* Booming Music Rapper amerika, dan Indoensia rapper pertama Muncul yaitu IWA K Dengan lagunya yang  lyricnya ..hari hari terus berlalu ..bla..bla..bla..
sampe katanya DENADA jadi Rapper wanitanya.. ..
SONY WALKMAN TAHUN 83
 * Muncul legenda wanita Slow Rock Indonesia Nike Ardilla tahun 1989 dengan Hits Singlenya ' Seberkas sinar ' , dia melahirkan hits hits fenomenal di industri music indonesia , lima tahun berkarya di industri musik indonesia sampe mem[punyai jutaan fans di seluruh indonesia bahkan sampe ke negeri tetangga , akhirnya karena kecelakaan mobil tahun 1994 akhirnya Nike ardilla kembal;i ke pangkuan sang pencipta .dengan sejuta kenangan sebagai lady slow rock indonesia selain inka Christy , poppy mercuri dan yang lainnya..
 
Lagu terakhir Nike Ardilla ( bahkan belum sempet dibuat video clipnya )

* Awal 90an Muncul Group Band asal bandung dengan lagunya KAU YANG TERINDAH & GERANGAN CINTANYA  yang Hits juga yaitu JAVA JIVE.. ( masih Inget waktu Ngapel Cewek Gw , eh di TV lagu Kau yang terindah MUncul di Selecta Pop pas jam 9:30 malam ),.
>>>nih Video clipnya : 
Java Jive

* kemudian  muncul group dewa 19 dengan lagu "KANGEN" nya..( vocal Ari Lasso ) , lagu Ini Top banget pada tahun 1992,..dan sering banget diputar di radio radio hampir setiap jam..


 * Lagu lagu Malaysia banyak bermunculan, baik itu group maupun penyanyi solo..diawali dengan boomingnya lagu Issabella pada tahun 1989 yang dibawakan oleh group Band SEARCH dengan vokalisnya Amy..serta Saleem Iklim dengan lagu SUCI DALAM DEBUNYA..

* Tahun 1996 Muncul  Mobil nasional dengan nama TIMOR ( KIA Korea ) dengan ide penggagas Hutomo mandala Putra . putra dari bapak pembangunan bangsa sekaligus Presiden kedua republik Indonesia , Alm H. Soeharto.

* tepat hari Idul Adha 1996 tanggal 28 April 1996 , publik indonesia dikejutkan dengan meninggalnya Ibu tien Soeharto yang katanya mendapat serangan Jantung..

  •  Pada Bulan Mei tahun 1998 , seluruh TV national ( Swasta & TVRI ) di indonesia siaran langsung ( jarang jarang TV- TV  national siarang langsung bersama ) ternyata Presiden Soeharto meletakkan Jabatan Sebagai presiden, karena bentuk dari demo mahasiswa dan kericuhan dimana mana... dengan rasa nasionalis yang tingi dan demi kepentingan rakyat indonesia beliau meletakan Jabatan sebagai presiden RI ke 2 setelah 32 Tahun memimpin bangsa indonesia dengan segala kemajuannya,..termasuk sebagai Bapak Petani & Pembangunan Indonesia..Terima kasih Pak Presiden Soeharto....Indonesia bangga Punya Presiden sepertimu..semoga amal baikmu hanya Tuhan saja yang bisa membalas..
    Photo pidato pengunduran diri Presiden Soeharto ( 21 Mei 1998 )
     
Demikianlah sebagian kenangan yang masih saya ingat sampai sekarang,,semoga dapat menjadi kenangan tersendiri bagi pembaca yang mengalami tahun tersebut..memang kenangan itu tak akan kembali lagi, karena waktu tak dapat kembali..tapi memori itu akan selalu kita ingat sampai akhir hayat kita nanti..
  
oh indahnya masa kecil dan masa remaja dalam sebuah kenangan di masa tahun 70-80-90an.. karena hidup pasti punya sejarah & sejarah tidak akan hilang begitu saja. ...dimanapun anda tinggal sekarang.di jakarta , surabaya , Medan , Palembang, atau di singapore, Hongkong, Amerika, australia sekalipun, pasti yang anda kenang adalah tempat dimana anda dibesarkan dan mengalami masa anak anak  & remaja yang indah, dan walaupun kota itu terpencil sekalipun, pasti anda akan mengenang dan kangen akan kota itu...
seperti yang saya alami sekarang, saya kangen dan cinta sekali pada Daerah KAMPUNG SAWAH , TANJUNG KARANG - BANDAR LAMPUNG , dimana saya lahir , masa anak anak & remaja disana,. walaupun pada zaman dahulu tempat saya tinggal masih tidak berubah sampai sekarang , karena di dekat rumah saya ada lapangan sepak bola  yang sampaii kapanpun tidak akan pernah di bongkar atau dijadikan mall ataupun rumah real estate..
maka dari itu setiap say pulang kampung ke rumah orang tua saya di kampung sawah B.lampung , selalu saya ingat akan teman teman saya maen bola sambil ujan ujanan , maen petak umpet , nonton layar tancep di lapangan , dan sampai detik ini saya selalu shalat Idul fitri bersama kelurga di lapangan Kampung sawah brebes ini.

Zaman memang terus berganti dan tahun terus berlalu tapi.....
kenangan indah itu  tak akan pernah kulupakan sepanjang umur hidupku..
walau sekarang sudah hampir 18 Tahun saya bermukim di Depok - Jawa Barat.
dan sudah hampir negara negara di dunia pernah saya singgahi , tapi di hati lubuk yang paling dalam , sekali lagi aku cinta tanah kelahiranku dan masa kecil di Tanjung karang - B. Lampung...

Sebuah foto kenangan saat aku berumur 5 tahun


Aku saat Spring festival maret 2014

terima kasih sobat sudah meluangkan waktu untuk membaca kenangan cerita zaman dulu..
Semoga Tulisan saya ini menjadi Moment tersendiri bagi yang pernah tahu dan mengalami juga seperti saya pada saat dulu,.indah ,..indah & Indah untuk selalu kita kenang..



sampai jumpa lagi dalam cerita an pengalaman saya yang lainnya...


Salam hangat,.

 Yovie ardhi   



 

52 komentar:

zonadjadoels mengatakan...

sangat djadoel mengingatkan saya saat masa kecil,,mampir juga di blog saya :
http://zonadjadoel.blogspot.com
majalah bobo tahun 75-90an serta majalah djadoel lainnya,,salam.

Unknown mengatakan...

kenangan masa2 era soeharto memang sangat indah(80-90an) kemakmuran sprti dimana2 terutama dijawa kehidupan blm sesekuler skrng ya,eh setelah film ACI (amir,cici,itok) bubar ada lanjutannya ingat ngak!!! ACI juga tp ttng perjuangan kepahlawanan tiap sore stlh magrib

yovieardhi.blogspot.com mengatakan...

@ Zuardin : masa kecil dan remaja adalah masa yang paling indah dan sulit untuk kita lupakan , walau zaman dulu belum secanggih sekarang , tapi masa dulu adalah masa indah indonesia, karena tidak ada kekerasan dimana mana, walau ada juga sedikit..( ingat petrus )..jadi ini yang membuat saya terinspirasi menulis tentang kenangan saya masa kecil & remaja..

yovieardhi.blogspot.com mengatakan...

@ Budiman Budi : terima kasih telah mampir ke tulisan saya..wkatu itu ACI SANGAT TOP banget sebagai acara remaja favorit di TVRI. tapi lanjutannya saya lupa..yang saya inget cuma itu aja..kalo ada masukan tentang kenangan zaman 80-90an dulu , monggo kasih komentar ya..
Zaman soeharto dulu kita sebagai bangsa yang disegani di asia tenggara bahkan asia..dan kemakmuran merata dimana mana..saya jadi kangen masa itu..

Unknown mengatakan...

haha... nonton janurkuningnya di king... ada yg lupa boss.. nonton bioskop murah meriah yg jam 02 siang di golden trus malem tahun baru nonton midnight show 2 film terbaru sekaligus... salam dari anak lebak budi...

yovieardhi.blogspot.com mengatakan...

kebetulan dulu zaman puasa kalo ngabuburit atau kalo anak lampung bilang "Nyore" kita nontonnya di KING bioskop depan kantor pos aatu di Bioskop Golden & president , kalo janur kuning kebetulan ane nonton di bioskop enggal..dan nongkrongnya tempat biasa....SABURAI..hehehe...salam juga dari anak Kampus ( kampung sawah ) Lapangan brebes , thank you ya udah baca tulisan saya...

Anonim mengatakan...

Hmmm.....jd pgen nangis kalo ingt masa kecil thun90an...
Skrg hampir smua anak2 mainanya tab,bb,android...
Ga keren bgt sih,,,mnding q dulu mainan nya seru...kelereng,main karet,petak umpet dll...
Salam utk teman2 yg mmpunyai masa kecil yg sama indahnya...
Tx to yovie ardhie....seandainy pny kantong ajaib doraemon,,pst q prg kelorong wktu pergi ke ms kecil qu...

NisaRF mengatakan...

He...Pak Harto itu 'baik', bukan baik. Politiknya KUHP (Kasih Uang Habis Perkara) a.k.a asal bayar upeti nyawa selamat. PETRUS itu kan juga salah satu dari bagian skandalnya.

Btw, info yang cukup berguna..Terima kasih :)

yovieardhi.blogspot.com mengatakan...

kalo bukan Baik pasti "baik" , tapi setidaknya pasti ada kurang dan lebihnya setiap manusia memimpin. cerita ini adalah gambaran bagaimana kehidupan dari sisi kenangan indah tempo doeloe,.yang mungkin masih membekas dalam kehidupan kita yang menjalaninya..dan bagaimana kita bisa merasakan arti sebuah kenangan..

Anonim mengatakan...

Bang Yovie,

Hiks ... saya sampai nangis lho baca kenangan kita itu. Saya ingat semuanya masa-masa indah itu, zaman stabilnya Presiden Soeharto, Bapak Pembangunan yang selalu dirindukan. Sayangnya kita tidak punya Bapak Soeharto jilid 2, I wish ...

Saya kelahiran 1979, namun tahun 80-an itu saya TK di Jakarta sampai tahun 1991 lulus SD. Saya ingat semuanya saat rambut saya model NKOTB sampai model belah tengah kaya Syamsul siapa itu ya lupa saya ... inget gak Bang ?

Bahagia sekali ya hari-hari itu dengan Aneka Ria Safari, Selecta Pop, inget gak Album Minggu Kita. Pulang sekolah SD saya diantar sopir main ke Tip Top Swalayan di Jakarta Timur.

Waktu tidak akan berulang, sisa kenangan saja yang tak akan pernah mati dalam ingatan saya.

Tujuan saya sekarang cuman satu, yakni membahagiakan kedua orang tua saya yang sudah banyak berkorban buat kebahagiaan masa kecil saya dulu sambil mengulangi kebahagiaan saya kepada anak-anak saya.

Sadarkah Bang, kita sudah tua yaaa


Regards

Leonardo

yovieardhi.blogspot.com mengatakan...

Thanks ya leonardo sudah mampir ke tulisan saya. ..memang masa itu adalah masa indah hidup , karena indonesia tyidak pernah terjadi keributan keributan yang berarti. anak sekolah zaman doloe juga sanagt sejahtera dengan biaya yang murah. tapi justru dengan biaya yang murah itu sebagian besaar bisa jadi "orang". saya juga merasakan saat tahun 1984 paman saya pindah ke kelapa gading permai yang wktu itu masih sebatas bunderan Mall kelapa gading saja. kalo maen dan belanja biasanya ke arion dan Tip top rawamangun dan kebetulan dulu punya gebetan anak SMA 21 pulo mas..trus maennya naik PPD 52 ( pasar baru - pulo gadung ) bayar cepek seakan akan mahasiswa., biar ngirit..oh kenangan itu memang tidak bisa diulang tapi biarlah kenanagn yang indah itu bagian dari sejarah perjalanan hidup kita..yang kita bawa sampai akhir hayat hidup kita..salam buat keluarga dan terima kasih atas kunjungannya..

d. ipung kusmawi mengatakan...

sangat mengena semuanyah, euy..serasa kembali ke masa silam.
terima kasih, Bung Yovie..

Dinda mengatakan...

Wihh anak kampung sawah brebes tohh.. salam mas dari anak kampung tetangga sebelah,,mau nambahin dikit ya mas dulu anak ABG tanjungkarang biasanya nongkrong di Cafe King - King Supermarket- Tempat belanja terbesar di Bandar Lampung tahun 80-90an sekarang sudah berubah nama dan tempat menjadi simpur senter, jalan menuju king supermarket pun masih terkenal sampai sekarang yaitu LOKING atau Lorong King, trus mas yopie masih inget kan Gorong-gorong, ABG jaman dulu gak bisa liat gorong2 dikit langsung aja nongkrong sambil goda2in cewek lewat, klo anak daerah kampung sawah pasti tau dong dengan Bioskop Sinar :d yg kalau nonton bau toiletnya sampai dalem bioskop hehehe...makasih banyak mas yopi yg udh membuat tulisan ttg ABG era 80-90an...jd senyum2 sendiri inget jaman itu, salam dari saya mas yopi yang sudah 39 tahun lahir,besar,tumbuh,sekolah,bekerjadi bandarlampung tercinta

Anonim mengatakan...

Baca semua tulisan di atas, membuat saya tersenyum, tertawa dan menangis. Teringat semua kenangan masa lalu yang begitu damai dan indah. Kapan ya bisa menikmati lagi semua ketentraman itu? Semoga suatu saat tiba waktunya, dimana kita bisa santai menikmati acara tv bersama keluarga.

Anonim mengatakan...

Salam Jadul kawan. saya merasakan seperti yang anda ceritan.. ohhh indah nian...semua ada masanya.. Salam dari Cilacap Jawa tengah

yovieardhi.blogspot.com mengatakan...

@ salam jadoel kawan kawan , terima kasih sudah baca tulisan saya yang menjadi kenangan kita bersama yang pernah mengalami masa masa dan saat itu , memang waktu tak kan pernah bisa diulang tapi kenangan tidak bisa hilang atau dihapus begitu saja..kita ambil saja makna dari pengalaman yang indah dahulu walau mungkin dulu ekonomi negara kita tidak sehebat dan semakmur sekarang tapi dengan masa indah dahulu kita bisa menjadi lebih baik dari dahulu..salam jadoel..( yovie )

Aba Enim mengatakan...

Semua seakan terulang kembali, terbayang semua kenangan yang pernah ku lalui, thanks sob...

Om Yudi mengatakan...

Bung Yovie, saya kelahiran tahun 1971. Hampir sama dengan usia anda, mungkin...
Senang membaca memory-nya, yang memang sama persis dengan yang saya alami di jaman dahulu...

Oh, iyaa, yang mengenai "Deni, Manusia ikan", dia akhirnya sudah berhasil menemukan orangtuanya, Prof.John dan Helen Lawrance.

Pertemuan mengharukan Deni dan ortunya itu, dimuat di komik Deni episode terakhir (383)di majalah Bobo no 51, terbit 23 Maret 1985.
Nanti saya akan kirimkan scan/foto dari beberapa episode terakhir Deni Manusia Ikan di majalah Bobo.

Memang kalau pembaca Bobo dari generasi saya (lulus SD tahun 1984), rata-rata tidak tahu, kalau Deni akhirnya sudah berhasil bertemu orangtuanya. Sebab pada saat cerita Deni tamat di Bobo (Maret 1985), generasi kita sudah berhenti membaca Bobo, karena sudah kelas 1 SMP. (sudah merasa remaja, he he...).

Trims Bung Yovie, sudah berbagi cerita dengan kita semua... oh iya, alamat emal anda, apa yaa? Saya mau kirim episode2 akhir dari Cerita Deni Manusia Ikan, yg sangat mengharukan itu, karena gagal terus untuk bisa menemukan ortunya, dan akhirnya happy end...

Salam 80-an..

Yudi

Unknown mengatakan...

Sedih dan gembira membaca tulisan Anda...ternyata kita yang besar di Lampung hampir sama apa yang kita suka... Julius sitnggang...adu kedondong..biji adem..lihat gerhana....mungkin bisa nambahin Didit bikin nama di kayu pohon cemara terus di pernis...dan abu Gunung Galunggung...salam kenal Bung yoviie trims atas catatan nya...bisa mengenang masa lalu

yovieardhi.blogspot.com mengatakan...

@ Yudi : hahaa boleh mas yudi kalo berkenan bisa kirim ke email saya :
yovieardhi@gmail.com, terima kasih sebelumnya ya,.,

@ indra Dhany :
wah anak lampung juga ya..hahaa..ia ya saya baru inhet kalo di pertengahan 80an kita suka buat gantungan kunci dari pohon cemara .wah itu hampir saya lupa, padahal dulu saya sering nyolong pohon cemara sebelah rumah saya di kampung sawah , tanjung karang timur deket lapangan brebes,. terima kasih loh sudah mampir ke blog saya, salam anak lampung..oh ya tinggal dimana lampungnya??? mampir kalo pulang kampung pas lebaran..tanya aja di dekat lapangan brebes rumahnya Yovie anaknya Bu vorry..insya Allah tau semua..hihi..

Anonim mengatakan...

Kreen bgt catatanx sob..gw jdi terharu...jdi inget knangan pengen nangis gw :(

Unknown mengatakan...

Mas,waduh jadi inget lampung ya..ingat mie ayam Awie ama bakso Pak Dal di kp sawah..

Unknown mengatakan...

Ane kelahiran 77..dulu tinggal disekitaran kampungmelayu..fuuhh..jadi nangis ane baca tulisan ente...makasih banget sob buat kenangan2nya..jadi inget masa itu

yovieardhi.blogspot.com mengatakan...

@ Heri tanto : wah anak kampung swah juga ya , pantes inget bakso pak Dal di gang bukit . kalo mie ayam saya favorit di mie ayam parsimun yang depan gereja atau yang di depan puskesmas..itu lebih enak , makasih ya sudah mampir di blog saya dan membaca tulisan saya . salam anak lampung ..

Jo-Jo mengatakan...

Thanks sahabat.....
Smua kenangan itu tramat indah dan tak mungkin bisa kembali. Thanks atas tulisannya sahabat....
Irsan 75. Jatinegara kaum

Unknown mengatakan...

Mas yovie, saya kelahiran 1970, mata saya berkaca-kaca membaca tulisan anda dengan segudang kenangan masa lalu. saat itu TV di desaku bisa dihitung dengan jari, hitam putih lagi. semua yang anda ceritakan dan tampilkan membuatku hanyut ke masa lalu. jadi ingat mas adi bing slamet (sang jendral kancil), chicha koeswoyo, dll. ira maya sopha. terima kasih. saya bahagia mengingat masa-masa itu. aman damai tak seperti sekarang. thanks mas.

Unknown mengatakan...

Sekitar tahun 78-79 ada film barat di TVRI diputar hari minggu siang, ceritanya sebuah pesawat yang diterbangkan oleh steve dkk terjebak di dunia para manusia raksasa. wah saya lupa apa judulnya yah?

cucucuap mengatakan...

Waah.. Jadi inget masa lalu. Walau pun saya lahir di 90an.

Unknown mengatakan...

Jd kangen campur sedih serasa masuk mesin waktu,sy kelahiran 1980,suka dengan cerita bang Yopie,jd mengenang hehe,salam dr bogor ya bang,sukses selalu

Unknown mengatakan...

Kereennn...campur aduk rasa nya baca ne blog...meski sya dri kota kecil Banda Aceh tahun 80 an....ikut terbawa jg...makasi atas coretan luar biasa anda..

Unknown mengatakan...

Keren coretan nya...jd terhanyut ke masa keci...salam dri Banda Aceh thn 80an...😄

Unknown mengatakan...

Busetttttttt makasihh share-nya kakaaaak! Seru banget, lengkap banget. Buat referensi nih :D

So'suci mengatakan...

SDR ACIL...APA ITU FILM SERIAL "RIPTIDE"

Unknown mengatakan...

Hai Yovie.... kita seumuran dong....hehee..... suka sebel ma anak jaman sekarang, karena seharian melototin hape....g kayak jaman kita......pengen deh kenangan2 yg kayak gini dibukukan disimpen buat duceritain ke anak cucu

Unknown mengatakan...

Saya juga sekolah di Tanjung karang,SDN gedung air keliling Tanjung karang Barat,dan SMPN 6 Tanjung karang Barat,segala mider lulus tahun 1991.kenangan masa itu sangat berkesan sampai saat ini

Unknown mengatakan...

Saya juga sekolah di Tanjung karang,SDN gedung air keliling Tanjung karang Barat,dan SMPN 6 Tanjung karang Barat,segala mider lulus tahun 1991.kenangan masa itu sangat berkesan sampai saat ini

Unknown mengatakan...

Film2 ditaun 90...terasa lebih hidup ceritanya hehee

Unknown mengatakan...

wah bagus banget artikelnya...jadi mengenang masa kecil hehehe.....kalo habis nonton unyil nunggu ria jenaka....trus dibeliin game watch seneng banget (gue sih paling seneng octopusy), trus dibeliin mainan mobil2an kayu di tmp kalibata (sekarang kayanya masih ada, tapi anak gue gag mau he he), trus main ke taman ria di monas, nonton srimulat di taman ria senayan, oh iya kalo ke puncak mintanya layangan koang hahaha itulah mainan anak2 tahun itu

Unknown mengatakan...

Indah teringat masa lampau..
Yg tk bisa di ulang lagi..

Unknown mengatakan...

waduuuuh, inget masa kecil dlu di Desa Air Batu Kec. Talang Kelapa, Kab. Musi Banyuasin Prop. Sumatera selatan, detil banget seperti yg pernah aku alami semasa kecil, trims udh ngingetin perjalanan masa kecil.

Unknown mengatakan...

Jadi anda kelahiran tahun berapa gan..anda terlihat awet muda setelah mengalamai berbagai peristiwa di atas..
Sedikit mengenang masa lalu ah..buset dulu gue kuliah sepatunya merk Kasogi (nggak tahu masih ada nggak tuh merek), Kaos nya merk Osella/Hammer/CF..celananya gue suka TIRA Jeans...udah kayak paling keren sedunia..haha
Pake Motor Suz#ki Crystal aja cari cewek cakep gampang..hehe..sekarang ? jangan harap
Thanks for the memories...

yovieardhi.blogspot.com mengatakan...

thanks teman teman sudah mampir ke blog saya , mudahan ini bisa mengenang saat indah kecil dolo ,, saaat yang tdk akan pernah bisa kembali ..
saya kebetulan lahir dan besar di era awal tahun 70an...

Anonim mengatakan...

Salam knal gan, saya juga anak kampus. Hehehe...
Bakso dal juaraaaaa.... sony mah lewat

yovieardhi.blogspot.com mengatakan...

wah sama sama anak kampus ya , kasala tepatnya kalo bakso pak dal..hehe , mkasih ya udah mampir ke blog saya , salam kampus..

Unknown mengatakan...

Thnk gan..gw serasa masuk lorong waktu dulu lg..salam knl gan,..lanjutkan

Ar Maradanu mengatakan...

Bener keren banget ceritanya, walapun gak pernah merasakan era 80an dan 90an tapi ane lagi, nulis novel tentang kisah di era 90an lagi baca nemu blog ini deh. Makasih banyak kak tulisan nya nambah wawasan :)

Unknown mengatakan...

jd kepengen balik lg di masa itu......

Unknown mengatakan...

Oooh jadi gitu masa muda orang tuaku hehehhe makasih om yovie

Unknown mengatakan...

kaya lg baca diary kenangan dl... thx

Unknown mengatakan...

kereeen asli

Anonim mengatakan...

Tulisannya keren mas yovie, bikin saya jadi flashback lagi nih, saya kebetulan lahir di tahun 87, di salah satu kota di sulawesi, dan alhamdulillah sempat merasakan nyamannya hidup di era 90'an (sebelum krismon melanda) Walaupun masih anak2 di tahun segitu, tapi yg saya amati dan rasakan, masyarakat saat itu hidup dgn tenang, aman, ekonomi stabil, harga sandang dan pangan murah, negara kita disegani di kancah Asia bahkan di Sea Games Indonesia selalu diperingkat teratas. Acara2 tv di tahun 90an juga banyak yg berkualitas dan mendidik, terutama saat weekend, acara2 tv sangat memanjakan anak-anak generasi 90an.

adam mengatakan...

subhanalah.... jadi inget masa kecil aku nih.... semua ceritanya detil banget... terimakasih banyak ya...