Rabu, 03 Oktober 2012

4 JEMBATAN TERINDAH DAN TERUNIK DI ASIA

                             
                                  *****************************************

1. Jembatan Banpo ( BANPO BRIDGE ) - Korea Selatan





Jembatan yang sangat unik dan indah ini pernah juga muncul di salah satu film drama korea..
Ya...inilah salah satu  yang menarik dari korean drama yang ada di putar di stasiun Tv swasta indonesia , karena kita selalu diperkenalkan dengan tempat-tempat menarik di korea sana.
The Banpo Bridge adalah jembatan besar di pusat kota Seoul di atas Sungai Han, Korea Selatan, yang  menghubungkan kabupaten Seocho dan Yongsan.




Jembatan ini berada di atas Jembatan Jamsu dan membentuk sebuah 'dek ganda'. Jembatan yang terakhir memiliki kemampuan untuk menyelam di dalam air jika permukaan air sedang  naik. Banpo Bridge awalnya adalah sebuah jembatan kayu palang dan selesai pada tahun  1982.
Banpo Bridge menjadi jembatan  terindah karena di kedua sisinya mengeluarakn 10.000 nosel air dikedua pinggir sisinya..jembatan ini mengeluarkan 190.ton air yang diambil dari air yang ada di dalamnya..pemandangan ini menjadikan jembatan ini sebagai salah satu objek wisata di korea..



2. Jembatan Tsing Ma ( TSING MA BRIDGE )-  Hongkong SAR

Tsing Ma Bridge yang megah merupakan jembatan gantung terpanjang didunia yang bisa dilalui oleh mobil atau kendaraan roda empat dan kereta api. Jembatan panjang dan megah ini juga ialah kunci yang mampu menghubungkan antara Hongkong dan bandara internasionalnya di Pulau Lantau ( Lantau Island ) china. Jembatan ini memiliki panjang 2,2 kilometer dengan bentangan utama sepanjang 1.377 meter.
Jembatan ini ditopang oleh menara yang tingginya mencapai 206 meter. 

Sekitar 49.000 ton baja struktural digunakan dalam pembangunan jembatan ini dengan biaya yang dihabiskannya mencapai HK$ 7.14 miliar. Pembiayaan utuk jembatan Tsing Ma ini sekitar 5% dari total biaya senilai HK$ 155.3 miliar dari keseluruhan proyek utama dan diakui sebagai salah satu dari 10 proyek trebesar disepanjang abad ke-20 dan menyaingi proyek-proyek lain seperti pembangunan Terusan Panama, terowongan di Selat Inggris-Prancis, maupun Jembatan Golden Gate.
Jembatan ini memiliki beberapa jalur jalan terbuka yang terdiri dari dua jalur kereta api dan dua jalur tertutup dibawahnya. Dalam praksisnya, pembangunan jembatan ini bukan tanpa risiko. Ketika musim topan datang, maka jembatan akan sangat berisiko tinggi untuk dilalui kendaraan atau kereta api. Jika terjadi topan, biasanya jembatan akan ditutup sementara sampai akhirnya keadaan kembali stabil.





Jembatan ini dibuka pada pertengahan tahun 1997, dan disebut-sebut sebagai keajaiban bidang teknik di Hongkong. Ketika malam hari menjelang maka pemandangan alam disekitar jembatan akan terlihat sangat menakjubkan.




3. Jembatan Donghai - Dhonghai Bridge - CHINA
Donghai Bridge, terkadang disebut Jembatan Laut Timur Agung, adalah jembatan penyeberangan laut pertama di Cina. Ini adalah jembatan lintas laut terpanjang di dunia sampai Hangzhou Bay Bridge dibuka pada tanggal 1 Mei 2008.  Peregangan di Cina Timur Laut, struktur kabel tetap anggun menghubungkan Shanghai ke Pulau Yangshan, diatur untuk menjadi pelabuhan perdagangan bebas pertama Cina serta menjadi pelabuhan kontainer terbesar di dunia.


Meskipun Jembatan Donghai hanya memegang gelar ”jembatan trans-samudera terpanjang di dunia” selama beberapa tahun sebelum Hangzhou Bay Bridge selesai pada tahun 2008. Jembatan Donghai masih bangga menjadi jembatan penyeberangan laut pertama di Cina.

 Jembatan ini memiliki panjang 32,5 kilometer total (20,2 mil) dan menghubungkan daratan Shanghai dan Yangshan lepas pantai perairan pelabuhan di Cina. Sebagian besar jembatan adalah jembatan berlevel rendah. Ada juga kabel-tinggal bagian untuk memungkinkan lewatnya kapal-kapal besar, terbesar dengan rentang 420 M


4. Jembatan Penang  - PENANG BRIDGE  , MALAYSIA
Jembatan Penang (Jambatan Pulau Pinang dalam bahasa Melayu) adalah sebuah jembatan tol dua jalur super panjang yang menghubungkan Bayan Lepas di pulau Penang dan Seberang Prai di daratan Malaysia. Jembatan ini juga berhubungan dengan Jalan Lintas Utara-Selatan di Prai dan Jalan Tol Jelutong di Bayan Lepas. Jembatan sepanjang 13,5 km ini juga merupakan salah satu landmark yang paling romantis lho.



Proyek Penang Bridge adalah ide asli dari Perdana Menteri Malaysia kedua, Almarhum YAB Tun Abdul Razak bin Dato’ Hussain dan perencanaannya baru dimulai pada tahun 1960. Pada tahun 1971, Pemerintah Malaysia sadar bahwa untuk mewujudkan potensi pertumbuhan ekonomi di Negara Bagian Penang, hubungan antara pulau dan daratan harus dibangun.
Keputusan untuk memulai pembangunan dibuat oleh YAB Tun Dr Mahathir bin Mohamad, Perdana Menteri Malaysia keempat. Dan pada tahun 1982 Tun Dr Mahathir bin Mohamad secara resmi mengunjungi jembatan tersebut.
Akhirnya, setelah pembangunan yang memakan waktu hampir 3 tahun lebih, jembatan ini pun resmi dibuka untuk lalu lintas pada 14 September 1985 oleh Wakil Perdana Menteri, YAB Tun Musa bin Hitam.
Jembatan Penang telah menjadi salah satu landmark terkenal di negeri ini, jembatan ini telah memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan sosial-ekonomi, budaya dan sosial di Penang sejak ia dioperasikan pada tahun 1985. Pengguna jalan hanya perlu membayar tarif ketika menuju Penang, dan tidak perlu membayar ketika meninggalkan pulau. Kecepatan rata-rata kendaraan pun dibatasi hingga 80 km/jam.
Sebelum tahun 1985, transportasi antara pulau Penang dan daratan hanya dilayani oleh feri antara Butterworth dan George Town.


Pemandangan yang paling unik dan indah bisa anda dapatkan di malam hari, jadi jangan sia-siakan jembatan cantik ini apabila suatu saat anda berkunjung ke Penang ini..