Selasa, 06 Mei 2014

SAAT LIBURAN DI BANGKOK & PATTAYA BERSAMA TEMAN TEMAN

# Hari pertama 23 april 2014

Pagi dinihari sudah menunjukan pukul 02: 30 wib ketika dering alarm berbunyi di kamarku , dengan rasa sedikit masih ngantuk akhirnya kubangunkan juga istriku untuk siap siap membuat kopi dan kemudian mandi , karena subuh ini kita harus langsung menuju bandara soekarno Hatta cengkareng.
Hari rabu 23 april jam 08 : 15 pesawat akan take off menuju Bangkok suvarnabhumi airport , berarti jam 6 pagi kita sudah harus sampai di cengkareng .
ketika semua barang yang akan dibawa sudah siap dan sarapan seadanya di rumah , maka saya dan dian istri saya jam 03: 30 langsung menuju bandara soetta , dari rumah saya di depok saya naik angkot menuju terminal depok untuk kemudian langsung naik taxi menuju soetta airport. kita rencana orang 8 kan ke bangkok dan  pattaya , tapi salah satu dari temen kami membatalkan keberangkatan karena anaknya sakit . jadi akhirnya saya , istri saya dian, merry , lina dan adeknya si vera dari lampung serta temen kita susi beserta kakak iparnya enok yang akan berangkat.total 7 orang dari 8 orang yang harusnya berangkat, saya udah infokan di group bbm kepada mereka bahwa paling lambat jam 6 sudah siap semua di terminal III soekarno Hatta cengkareng. jangan sampai ada yang terlambat ya...

saya dan dian tiba di terminal 3 soetta kurang lebih jam 5 lewat 40 menit , kami melihat semua teman teman sudah berkumpul di dekat smoking area terminal 3 , jadi setelah kumpul semua jam 6 kita langsung masuk untuk check in di counter . hanya butuh waktu sebentar saja karena kondisi counter masih agak sepi. kemudian kami langsung menuju ke gate boarding .

Tepat jam 07 : 35 kita dipanggil untuk memasuki pesawat yang sudah siap di parkiran , penumpang pagi ini banyak sekali yang akan menuju bangkok.hampir semua kursi diatas pesawat terisi penuh terkecuali kursi paling depan yang mungkin sengaja di jual bagi penumpang yang ingin santai dengan kaki yang lebih lega. terlihat sudah pukul 08:10 menit , epnumpang pun sudah penuh memasuki cabin pesawat. pas jam 08: 15 pesawat pun take off di landasan ,. perjalanan ke bangkok dari jakarta memakan waktu 03 jam 40 menit langsung ke suvarnbhumi airport , sedangkan apabila anda menaiki Lion air atau air asia maka akan anda akan mendarat di dong mueang international airport. tidak ada guncangan berarti selama di atas udara, karena cuaca terlihat sangat cerah.  setelah 3 jam lebih mengudara akhirnya pesawat Tiger airways yang membawa kitapun tiba di suvarnbhumi airport , saya melihat waktu di jam tangan saya sudah menunjukan pukul 11: 45 waktu bangkok , antara bangkok dan jakarta tidak ada perbedaan waktu.
Tempat pengambilan air minum di bandara suvarnabhumi
 kamipun bergegas untuk langsung keluar dari pesawat , tampak banyak sekali pesawat yang bartu tiba dari china , india . karena begitu kita keluar pesawat di runag antrian akan menuju counter imigrasi terkihat banyak sekali warga china yang akan ke toilet dan menuang air yang disediakan gratis di bandara ini , seperti juga di singapore .ada tempat pengambilan air minum gratis. kitapun sempat mengisi & mengambil air minum gratis dan dimasukan di botol yang telah kami bawa sebelumnya..memang saya dan istri biasa membawa botol supaya mudah membawa air  saat jalan jalan , dan sambil beberapa teman mengisi botol air ,  kami sempatkan untuk mengabadikan moment memont tersebut dengan berphoto di sekitar bandara ini , buat kenang kenangan...

Saat baru tiba di bangkok Suvarnabhumi airport

setelah semua sudah beres dari sini , kami bergegas menuju counter imigrasi yang berjarak 50 meter dari tempat kami berphoto tadi , begitu masuk counter imigrasi terlihat sudah banyak orang mengantri di counter ini , karena pesawat kami tiba berbarengan dengan beberapa maskapai dari negara lain yang tiba. antrian berjalan dengan tertib karena ada beberapa petugas yang mencoba membantu untuk mengarahkan supaya jangan terjadi penumpukan antrian di suatu loket tertentu , ini terbukti dengan antrian yang saya alami cuma hanya 10 menit saja dari masuk antrian sampai dengan ke petugas imigrasinya . kita menyebar di beberapa loket supaya tidak menunggu lama , keculi susi dan enok yang baru pertama kali keluar negeri , pasportnya pun masih baru ..si susi terlihat minta selalu di dampingi enok kakak iparnya. dia nampak gugup takut ditanya macam macam sama petugas imigrasi..hehehee..
bener saja diantara kita semua udah beres cap paspor di antrian imgrasi , eh si enok dan susi yang lama di antrian antara orang orang dari timur tengah , padahal saya sudah infokan supaya menyebar tapi mereka tidak mau.. ya sudahlah...walau akhirnya kita tetep menunggu mereka selesai....walau harus menunggu lama dan waktu karena 2 orang ini , ya sudahlah yang penting selamat sampai tujuan..

jalan menuju city line ( panah merah )
sesudah imigarsi dan cap pasport dah beres kita akan langsung menuju hotel di bangkok , kita akan menuju city line train , karena city lina akan berhenti di stasiun yang di lewati ketika menuju phaya thai , berbeda dengan express line yang langsung menuju Phaya Thai dari suvarnabhumi airport .  dari loket imigarsi kita langsung jalan lurus ke pintu keluar kemudian belok kanan , nah ketemu dengan plang tulisan go to city line , turun eskalator ke lantai 2 dan lihat plang arah  ke kanan kemudian ada tulisan bangkok - city line . kemudian kita langsung menuju counter pembelian tiketnya , mesin pembeliannya seperti mesin ATM , ada menu english dan bahasa Thai ,. tujuan saya  adalah RAMKHAMHAENG stasiun . saya lihat hanya 5 stasiun dari suvarnabhumi ini dan ketika kita akan membeli tujuan RAMKHAMHAENG tertera jumlah yang harus dibayar / penumpang sebesar 50 BAHT ( sekitar 18 ribu rupiah ) , bentuk tiketnya seperti koin tapi terbuat dari plastik , koin ini sama dengan kereta di shenzhen - china yang pernah saya naiki ketika saya beberapa kali kesana.

tiket yang sudah dibeli sudah dipegang satu persatu , kemudian kita hanya menempelkan pada pintu gerbang yang akan kita masuki , maka otomatis pintu akan terbuka . kalo anda tidak paham disetiap pintu masuk tiket ada penjaga yang akan membantu anda . jadi jgn khawatir deh.. oh ya setelah di tempel dan anda sudah masuk jgn lupa tiket koinnya jangan sampai hilang karena begitu sampai di tempat tujuan koin tersebut akan kita masukan di gerbang loket keluar stasiun..kalo sampai hilang maka anda akan dikenakan denda sesuai harga tujuan dari mana kita naik pertama...jadi berhati hatilah menyimpannya ....

RUTE & PHOTO CITY LINE AIRPORT SUVARNABHUMI KE RAMKHAMHAENG STATION

Saya berpose di Suvarnabhumi airport
kereta yang akan membawa kami tiba setelah kami menunggu 10 menit saja , penumpang tampak penuh di masing masing gerbong , sampai saya pun berdiri karena penuhnya.. jarak 5 stasiun dari suvarnbhumi airport ke Ramkhamaeng hanya 20 menit saja.karena kereta ini berjalan sangat cepat sekali. jadi tanpa terasa 20 menit saja kitya sudah sampai..hotel tempat kami menginap yakni  NASA VEGAS HOTEL***  tidak jauh dari stasiun RAMKHAMHAENG . kira kira hanya 50 - 70 meter dari stasiun  ini , keluar dari stasiun kita tinggal menyebrang dari stasiun trus langsung masuk ke lobby gerbang utama hotel ini..hotel nya sangat besar dan bagus serta berharga murah , sehingga banyak sekali turis mancanegara yang menginap di hotel ini .ini terlihat di antrian ketika kita akan check in di hotel ini , sampai sampai lobby hotel buat menunggu tamu menginap terlihat sesak oleh pengunjung hotel ini. utnuk menginap di hotel ini selain kita sudah membayar via online kita juga akan dikenakan jaminan deposit 1000 Bhat / room kamar.  saya dan teman teman memesan 4 kamar double , artinya kita diminta 4000 Baht buat deposit kamar . dan kata petugas hotel juga kamar baru siap pukul 15 sore atau jam 3 sore , sedangkan kita masuk jam setengah 2 siang .jadi masih ada waktu 1 setengah jam buat istrirahat makan siang, maka setelah check in dan memberikan deposit kita menitip tas di lobby kepada petugas hotel dan mencari makan siang di sekitar hotel ini karena jam makan siang sudah siap menunggu dengan keadaan cacing cacing di perut yanmg sudah berontak..heheee..nanti setelah makan baru kita bisa masuk ke kamar yang sudah disediakan ....
Come on let's go kita makan siang dulu teman teman...

keluar dari hotel tinggal menyebrang ke depan hotel saja, disini sudah banyak tersedia kedai kedai atau warung makan pinggir jalan , mulai dari yang berjualan tom yam , siomay atau dimsum , ada juga ynag berjualan buah buahan yang tentu menyegarkan tenggorokan apalagi di saat panas panas yang menyengatkan tubuh , maklum suhu di bangkok begitu lembab dan panas sekali , hampir 36 derajat celcius saya lihat di handphone saya. sampai sampai baju yang saya kenakan seperti baru habis dicuci dan belum sempat dijemur saking keringat mengucur dengan deras.

kita pilih pilih di resto ini supaya mendapatkan warung yang halal dan tidak mengandung pork/ babi .karena pork adalah makanan halal bagi masyarakat thailand seperti makan kambing bagi sebagaian umat islam di indonesia. ehhh..kebetulan kita bertemu dengan ibu ibu berjilbab yang berasal dari malaysia , beliau sudah lama tinggal di bangkok . dia melihat temen saya enok dan lina yang memakai jilbab , jadi memberi info di sebelah ujung ada resto muslim yang makanannya beraroma lidah melayu , bener saja begitu sampai disana banyak sekali sajian sesuai selerea lidah orang melayu , ada nasi goreng seafood , mie goreng ayam , nasi lada sapi dan lainnya..seperti hampir kebanyakan warung warung pinggir jalan di jakarta dan tempat lainnnya di indonesia. ..kita langsung pesen beberapa porsi makanan , saya memesan bakmi ayam , dan yang lainnya ada yang memesan nasi sapi lada hitam , dan mie goreng seafood.

Makan siang di sebrang hotel

Setelah kenyang makan nasi dan mie  kita memesan es buah supaya badan kita gak dehidarasi deh..maklum keringat udah banyak mengucur dari saaat keluar hotel tadi .
 waktu di jam tangan saya sudah menunjukan 3 lebih 20 menit , saatnya kita harus sudah kembali ke hotel untuk segera masuk ke kamar , karena kaki dan badan dah sangat lelah , maklum perjalanan dari subuh dari rumah di depok. kita nanti malam akan jalan jalan menelusuri kota bangkok , jadi kita akan istirahat sejenak di hotel sebelum melanjutkan acara jalan jalan nanti malam . oh ya makan mie goreng ayam + es buah + air mineral dingin di tempat ini kita cuma dikenakan biaya 85 baht atau sekitar 25 ribu rupiah saja dengan porsi yang waduuhhhh banyaak bener , sampai sampai beberapa dari kita gak abis makanannnya karena porsinya jumbo...

SUASANA LOBBY FRONT OFFICE NASA VEGAS HOTEL
sebelum masuk ke hotel kita mampir sebentar ke toko serba ada semacam alfa atau indomart di indonesia , namanya family mart , posisinya persis di depan hotel nasa vegas . kopi cream cuma 12 baht , air mineral ukuran jumbo cuma 25 baht , maklum hotel yang kita pesan tidak menyediakan air minum di kamar..jadi kita bawa deh dari sini . toh airnya juga harganya sama dengan di indonesia .., makanan juga harganya hampir sama dengan di jakarta. jadi kantong kita gak banyak terkuras seperti kalo kita berkunjung ke singapura .yang makan satu porsi ayam bakar + air mineral saja sudah 11 dollar singapore atau sekitar 100 ribuan..

beres belanjaan di family mart langsung masuk lobby tuk ngambil kunci kamar hotel , waduuh saya lihat makin penuh saja rombongan tamu yang akan menginap di hotel ini terutama saya lihat dari beberapa negara eropa , tapi karena kita tadi sudah check in jadi kita gak menunggu terlalu lama , mereka sudah mempersiapkan kunci kita walau ada resepsionis yang bingung kunci yang sudah dipersiapkan menyelip di meja yang lain . tapi akhirnya berhasil ketemu juga..jadi masuk deh kita ke kamar..aduuhhh indahnya rebahan badan setelah dari pagi jalan dari jakarta - bangkok lalu menuju hotel di Ramkhamhaeng, bangkok ini.
istirahat dulu ya sebentar , karena abis maghrib kita akan menuju tempat wisata di bangkok...

istirahat dulu ya , mau rebahin badan dulu di kamar hotel....mantaaappp..nanti sambung ceritanya lagi nih..

-   -   -    -    -    -    -    -    -    -    -    -    -    -    -    -

GO TO CHAO PHRAYA & ASIATIQUE

Sesuai dengan ittenerary yang saya sudah susun ketika akan berangkat,saya kasih alternatif kalo malam pertama ini kita akan mengunjungi wat arun atau ke asiatique , karena mereka teman teman ingin makan malam sambil belanja maka kami putuskan untuk langsung ke asiatique saja. kebetulan kita juga belum makan malam . Asiatique ini dapat di tempuh dengan perahu boat dari sathorn Pier saphan Taksin. jadi dari hotel di Nasa Vegas Ramkhamhaeng kita naik city line menuju Phaya Thai ( 15 Baht / orang ) terus turun naik BTS ke siam , dan pindah kereta BTS yang ke Saphan taksin . inilah rute yang paling enak bila kita naik train atau BTS  ke Sathorn Pier Saphan Taksin ( exit terakhir BTS di stasiun BANG WA ). dan bila kita naik train ini juga memakan waktu yang lebih cepat di banding kita naik angkutan umum seperti taxi dan bus. dan harga tiketnya juga lebih murah , 15 baht dari nas vegas ke Phaya thai terus nyambung naik BTS dari Phaya thai ke saphan taksin cuma 46 Baht totalnya 61 Baht saja ( atau sekitar 25 ribuan / orang ) dengan waktu tempuh sekitar 20 menit tergantung dari lama tidaknya kita menunggu kereta di stasiun transit.

BTS - MRT - ARL MAPS BANGKOK

Waktu sudah menunjukan pukul 7 malam waktu bangkok , kitapun segera turun dari hotel untuk bergegas menuju stasiun , hanya berjalan kaki 10 menit dari lobby hotel kita sudah sampai ke stasiun Ramkhamhaeng ini , kereta city line kira2 5 menit lagi akan sampai , jadi tidak begitu lama kita akan naik langsung menuju terminal Phaya thai , dan benar saja sesuai dengan info di papan pengumuman bahwa kereta akan segera tiba, kamipun langsung naik ke kereta, tampak tidak terlalu penuh keretanya, perjalananpun hanya 15 menit saja sampai Phaya Thai , begitu sampai Phaya Thai langsung turun ke tempat BTS yang menuju Siam , beli tiket di counter tiket Machine , oh ya disini beli tiketnya hanya bisa memakai coin saja, jadi kalo kita membeli banyak tiket dan tidak banyak uang coin kita dapat menukar di tempat penukaran yang telah tersedia di depan loket coin. disini beli saja tiket yang langsung ke BTS Saphan Taksin ( arah Bang Wa stasiun ), walau akan change kereta di stasiun Siam. dari Phaya thai ke Saphan Taksin kurang lebih hanya memakan waktu 15-20 menit saja. jadi jam 8 kurang sedikit kita sudah tiba di Saphan Taksin  . begitu keluar langsung saja exit di pintu 1 atau exit di pintu 2 , sama saja keluarnya karena ini adalah exit ke Sathorn Pier semua...

ASIATIQUE NIGHT MARKET

Di Ferry Boats Asiatique Chao Phraya River

sebagai panduan saja bahwa kalo kita ingin ke wat arun naik boat river , transportasi ini tersedia dari jam 6 pagi sampai terkahir jam 8 malam , karena kita sudah hampir jam 8 malam maka kita putuskan saja menuju Asiatique , untuk menuju asiatique dari Sathorn pier ini ada Shuttle boat gratis , kita cuma menunggu di tempat yang telah disediakan ( ada plang nama dan tujuan ke masing2 tempat ) jadi jangan sampai salah menunggu di tempatnya ya..bisa bisa kita salah arah dan salah naik ferry boat. kita disini disuruh menunggu dengan tertib untuk memasuki antrian yang akan membawa ke asitique , karena yang akan menuju ke asiatique sangat ramai terutama para pelancong pelancong baik dari asia maupun pelancong china dan eropa.
kita menunggu kurang lebih 20 menit baru ferry boat yang akan membawa kita tiba , kita disuruh memasuki boatnya..gak sampai 5 menit kapalpun langsung penuh dan ferry boat buru langsung berangkat. karena banyak lagi yang akan berangakat dari asiatique ke sathorn pier untuk kembali, terutama bila malam hari. jadi pastikan anda untuk siap siap mengantri bila boats ferry akan segera tiba. oh ya jadwal ferry botas gratis ini tersedia setiap hari dari pukul 9 pagi sampai terakhir dari Asiatique ke Sathorn pier pukul 11 malam. jadi bila ingin naik boats gratis kembali dari Asiatique ke Sathorn pier maka anda jam 11 sudah harus siap siap di Asiatique pier.
Jikalau kita terlambat maka banyak moda transportasi dari asiatique ini untuk kembali ke hotel atau penginapan , ada tuk tuk - bus atau taxi yang tersedia sampai dini hari. tapi bila kita memakai angkutan umum seperti taxi atau tuk tuk , kita tidak bisa menikmati indahnya sungai Chao Phraya di waktu malam hari yang terlihat sangat indah dengan deretan lampu lampu di pinggir sungai ini.jadi jangan sampai menyia nyiakan kesempatan ini selagi kita masih di bangkok - Thailand.. hehehee..

selama di boats kita dapat menyaksikan pemandangan dari atas boats yang melaju , sungguh indah sperti di sungai sungai yang ada di indonesia..tapi dengan suasana yang berbeda,. suasana ini dimnafaatkan beberapa turis untuk berphoto di atas boats termasuk saya dan teman teman yang tidak menyiakan kesempatan ini,.
jarak tempuh dari Sathorn pier ke Asiatique memakan waktu 20-25 menit saja, jadi dengan kesempatan sebentar ini kita harus bisa memanfaatkan suasana semaximal mungkin...kapan lagi ya broooo...hehee..

Saat menuju asiatique di ferry boats

tanpa terasa kita sudah sampai di asiatique pier , ramai sekali malam ini disini , hanya mungkin yang sekedar makan malam , berjalan jalan sambil melihat lihat barang barang yang dijual maupun yang tujuannya belanja souvenir untuk oleh oleh..karena disini banyak sekali toko oleh oleh yang cukup banyak menjual barang barang khas thailand seperti gantungan kunci simbol gajah, tas kain yang di cap dengan gambar gajah maupun souvenir cinderamata seperti kalung , cincin dan yang lainnya..
karena dari beberapa temen kita yang belum makan malam , maka sebagian dari mereka mencari makan malam disekitar areal ini, saya sendiri lebih memilih untuk berkeliling komplek ini sambil mengabadikan beberapa sudut moment yang bagus untuk di photo sebagai kenang kenangan untuk para pembaca setia blog saya ini..hehehe,..

Suasana Asiatique malam hari

teman saya lina , vera , susi dan enok sibuk di salah satu toko souvenir memilih beberapa oleh oleh khas thailand , mereka sibuk memilih tas , gantungan kunci dan yang lainnya , kebetulan salah satu toko ini memberikan harga murah dari beberapa toko yang sempat kita kunjungin. gantungan seperti kalung yang terbuat dari bahan kayu saya beli cuma 100 baht saja atau sekitar 37.000 rupiah , saya beli 2 untuk oleh oleh tante saya , karena beliau senang dengan kalung yang saya pake seperti yang saya beli ini. ada dompet khas thailand yang isinya satu paket 4 buah hanya dijual 150 baht ( sekitar 55 ribu rupiah ) . dan masih banyak lagi belanjaan teman teman disini , vera membeli baju buat anaknya yang model gambar gajah disertai ada lampu di bagian depan kaosnya. susi memborong tas dan gantungan kunci dan masih banyak lainnya deh, disini kita harus keliling dan pintar pintarlah menawar barang dagangan.
saya sempat mencicipi makanan khas bangkok yang berupa pisang crispy yang dikasih saos coklat ,enak bener rasanya , harganya pun cukup 50 Baht saja satu porsi .mantaaap bener rasanya..
Suasana di sekitar asiatique Market

Bangkok Souvenir Shop asiatique
tanpa terasa waktu sudah menunjukan pukul 11 kurang 15 menit artinya kita siap siap hrs berangkat pulang menuju sathorn pier dari asiatique ini karena kapal terakhir akan berangkat pukul 11 malam kemabli ke sathorn pier dari asiatique ini. kita sepakat menunggu di depan asiatique pier sambil menunggu vera dan merry yang lagi sibuk memilih belanjaan..
bener saja kapal boats terakhir tiba pukul 11 dan kitapun langsung naik kapal yang sudah penuh orang mengantri di pinggir dermaga..tidak lama kamipunm masuk kapal dan tak berapa lama kapal langsung jalan menuju sathorn pier ..karena sudah capek dan mempersiapkan acara buat besok untuk pemulihan tenaga, kamipun lansgung akan pulang hotel..mata sayapun kayaknya udah agak redup , maklum istirahat tadi siang sampe sore cuma sebentar..hehee..
Saya berpose sejenak di depan toko souvenir
gak lama kemudian boats kami sampai ke sathorn pier , langsung bergegas masuk ke BTS saphan taksin beli tiket ke siam square , karena hari sudah larut malam di dalam BTS train terkihat agak sepi. jadi kita semua bisa duduk santai di train.
Saya memutuskan untuk naik BTS sampai di siam , terus melanjutkan naik taxi dari depan Mall siam square. teman saya susi kebetulan mau mampir beli pop mie di seven eleven siam square dan sebagian dari kita sudah pada kehausan karena malam ini panasnya juga tidak kalah dengan tadi siang , cuaca di bangkok begitu lembab dan panas dengan udara yang tidak begitu bersahabat. ya sudahlah ,kita mampir dulu di seven eleven ini sambil menunggu taxi yang akan mengantar kita kembali ke hotel Nasa Vegas di Ramkhamhaeng..

antrian penumpang dari asiatique ke sathorn Pier

waktu sudah menunjukan pukul 12 lewat 15 menit , kota bangkok sudah mulai agak sepi , jalan jalan juga sudah tidak seberapa ramai dengan kendaraan seperti jam 9 - 10 malam tadi di sekitar Siam square dan MBK mall , kita akhirnya memanggil taxi yang lagi mangkal di depan seven eleven ini .rata rata taxi di bangkok memang tulisannya " TAXI BERMETER " tapi pada kenyataanya mereka tidak mau pake argo seperti kebanyakan taxi di jakarta umumnya . mereka minta 200 Baht untuk satu taxi ke hotel di Ramkhamhaeng. itu sudah palin termurah , karena rata rata mereka mematok 350 baht apalagi jika jalanan lagi penuh dan macet . hampir rata rata taxi meminta 400 bhat paling rendah dari siam square / MBK mall ke Ramkhamhaeng Nasa Vegas hotel . ok deh mas bro ..kita langsung cabut deh kembali ke hotel , badan dah sangat lelah nih..buruan ya mas bro..hahaa...

SAAT SORE / MALAM  DI JALAN UTAMA BANGKOK

karena sudah malam jadi cuma setengah jam saja kita sudah sampai di lobby hotel nasa vegas.., kami lsg masuk ke hotel untuk istirahat karena besok kita akan melanjutkan perjalanan ke kota pattaya pagi hari..

maaf ya teman , ceritanya kita sambung lagi besok karena mau istirahat dulu di kamar ,..mata sudah capek banget nih...mau mandi dulu , cuci muka , gosok gigi dan ZZZZzzzzz.... tidur yang pulas buat persiapan esok hari ke Pattayaaa....

Hellooo PATTAYA , I'm Coming ...

Byee Byee.....

BERSAMBUNG...

lanjutan cerita Klik link dibawah ini..