Rabu, 27 November 2013

MUDAHNYA MEMBUAT VISA KOREA SELATAN SENDIRI


Anda Ingin berlibur ke Korea selatan ???
yah memang negara korea ini sangat indah untuk dikunjungi.
tapi sebelum anda berkunjung ke korea , anda harus mempersiapkan tiket anda terlebih dahulu.
setelah tiket anda sudah anda pesan , maka anda harus mempersiapkan data atau syarat lain selain Hotel yang tempat anda menginap. syarat untuk masuk ke negara korea maka anda harus mempunyai Visa untuk masuk ke Korea,.
kali ini saya akan membagikan bagaimana anda mengajukan permohonan untuk membuat Visa korea .



Dokumen-dokumen yang perlu disediakan untuk apply visa:
  •   Formulir aplikasi visa, yang ini bisa di download langsung di website Dubes Korsel
  •   Paspor asli dan fotocopy  (fotocopy juga yang ada cap2 negaranya)
  • . Foto 4x6 latar putih 1 lembar langsung tempel di formulir aplikasinya
  •   Fotocopy KK, KTP, Akta lahir
  •   Surat rekomendasi dari kantor apabila anda karyawan.
  •   Surat rekomendasi dari bank , anda tinggal ke bank yang kita pakai , buat surat minta surat   berisikan jumlah dana kita di rekening dan bahwa kita adalah nasabah yang bisa dipercaya, kalo anda nasabah BCA pembuatan surat 3 hari dengan biaya 50rb ,Bank mandiri juga dikenakan biaya 50 ribu.
  • Fotocopy rekening tabungan kita 3bulan terakhir gak ada minimal tabungan yang mesti kita punya untuk bikin visa, asalkan tabungan kita cukup untuk biaya yang kita keluarkan selama di Korea
  • Jadwal dan perkiraan berapa lama berkunjung ke korea & pengeluaran kita selama di Korea
  • Print out tiket pesawat PP, serta print data hotel atau penginapan  selama disana
Kurang lebih itu aja dokumen yang kita perlukan, semakin lengkap semakin bagus, jadi biar ga bolak balik ke Dubes Korea, lengkapin aja dokumen kita hehe.. untuk biayanya sekarang ini 30USD ( kurs kan saja dengan Kurs berlaku sekarang ) ,  untuk pengumpulan dokumennya sebelum jam 12 siang, dan untuk pengambilan visa dan passport kita setelah jam 1 siang..

CONTOH VISA KOREA

Keterangan:

• Jika berstatus mahasiswa harus melampirkan surat keterangan mahasiswa dan bukti keuangan orang tua
• Ibu rumah tangga dan yang masih belum memiliki pekerjaan/penghasilan harus melampirkan bukti  keuangan suami atau keluarga

• Bagi pengusaha yang ingin mengajak serta asisten rumah tangga, harus melampirkan surat sponsor dari Employernya (surat keterangan kerja, kartu keluarga, bukti keuangan tidak perlu dilampirkan)

• Dokumen yang telah dilampirkan jika dianggap masih belum lengkap oleh Consul maka pihak Kedubes Korea berhak untuk meminta tambahan dokumen.

Alamat Kedutaan Besar Korea:
The Plaza Office Tower, Lt. 30 Jl. H.M. Thamrin Kav.28-30, Jakarta Pusat.


Cara proses Pengajuan Visanya :

  1. Setelah mengisi formulir aplikasi visa, jangan lupa untuk menempelkan pas foto berwarna seukuran kotak yang tersedia di formulir (kurang lebih ukuran 4×6).
    1. Gedung kedutaan terletak di The Plaza, untuk mencapai tempat pengurusan visa di lt. 30 kita harus mendaftar di konter security lantai dasar untuk memperoleh kartu pass. Kartu ini digunakan untuk melewati gate ke lift dan ingat sebelum masuk lift kartu ini harus di tap di pembaca khusus yang terletak di pojok sebelah kiri. Jika tidak, kita tidak bisa mencapai lantai 30, tempat pengurusan visa.
    1. Setelah sampai di lantai 30, ambil nomor antrian di pintu masuk. Tunggu hingga nomor antrian kita dipanggil ke loket penerimaan berkas pengurusan visa.
    1. Jika dokumen dan paspor lengkap, kita akan diberikan nota penerimaan berkas sekaligus bukti pembayaran pengurusan visa. Setelah itu pulang.
    1. Perhatikan tanggal untuk pengambilan paspor yang sudah selesai diproses.
    1. Sesuai dengan tanggal yang diberikan, paspor yang sudah diberi visa pun akhirnya selesai

    Jika sudah jadi maka selamat berlibur ke korea..siapkan kesehatan dan bawa uang secukupnya...
    Selamat berlibur. Yaa...





    Tidak ada komentar: