Jumat, 23 Mei 2014

SEJARAH BERDIRINYA MASKAPAI BUDGET AIRLINES " AIR ASIA "





Sebagai orang  indonesia yang masuk bagian dari negara Asia khususnya asia tenggara , dan mungkin anda sebagai orang yang hobby jalan jalan atau treveling , mungkin anda cukup mengenal pesawat yang berbasis harga " murah " . salah satunya mungkin adalah Air asia , tapi anda mungkin belum banyak tahu bahwa air asia ini berdiri sampai besar seperti sekarang ini sebagai masakpai berbiaya rendah ( katanya !! )

Awalnya AirAsia dimiliki oleh DRB-HICOM milik Pemerintah Malaysia namun maskapai ini memiliki beban yang berat dalam menjalankan roda usahanya , kemudian d akhirnya dibeli oleh mantan eksekutif Time Warner, Tony Fernandes, dengan harga simbolik 1 Ringgit pada 2 Desember 2001. Tony melakukan turnaround dan AirAsia berhasil membukukan laba pada 2002 dengan berbagai rute baru dan harga promosi serendah 10 RM bersaing dengan masakapai punya pemerintah malaysia yakni  Malaysia Airlines.

Pada 2003, dibukalah pangkalan kedua di Bandara Senai, Johor Bahru , yang berdekatan dengan negara  Singapura , dari sini  AirAsia melakukan penerbangan internasionalnya pertama kali ke Thailand. Sejak itu maka berkembanglah air asia di tengah petumbuhan ekonomi yang meningkat di negara negara asia khusunya asia tenggara , karena banyaknya permintaan penerbangan  malaysia - thailand makandibukalah Thai AirAsia dan dilakukanlah berbagai penambahan rute seperti ke Singapura dan Indonesia. sedangkan Penerbangan jauh perdana dibukalah rute kualalumpur ke Makau , rute ini dimulai pada Juni 2004 sedangkan penerbangan ke Manila dan Xiamen dimulai pada April 2005. Rute lain yang akan dibuka adalah ke Vietnam, Kamboja, Filipina, dan Laos.

Selain Thai AirAsia, air asia melebarkan sayapnya ke negara terbesar di asia tenggara yakni Indonesia , karena air asia melihat perkembangan pesat di indonesia yang juga sebagai negara kepuluan terbesar dan memilki jumlah penduduk terpadat di Asia tenggara dan negara no 4 memiliki jumlah penduduk terpadat dunia , maka setelah ini berdirilah Indonesia Air asia yang mengakuisi perusahaaan penerbangan sebelumnya yakni  AWAIR , maka setelah itu awair resmi menjadi Indonesia AirAsia .
Indonesia air asia  terbang dari rute domestik dan international dari Jakarta ke Yogyakarta, &  Denpasar untuk tujuan lokal, rute jakarta - Kualalumpur , Jakarta - Bangkok , jakarta - Phuket dan terutama penerbangan yang paling banyak diminati hampir seluruh maskapai yakni Jakarta - Singapore .selain itu penerbangan dilakukan keluar Indonesia atau rute international melalui kota-kota besar seperti Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Solo, Balikpapan dan Makassar dengan tujuan langsung ke Kualalumpur.



Pada hari kamis tanggal 17 bulan November 2011 lalau ,  terminal AirAsia di bandara Soekarno Hatta, Indonesia secara resmi berpindah dari terminal 2 menjadi terminal 3, dan mulai januari 2014 ada beberapa rute domestiknya yang akan berlabuh di Bandara Halim perdana kusuma ,dimana melanyani penerbangan domestik maupun internasional. Kini, AirAsia Indonesia melayani 26 rute dengan 52 penerbangan yang terkoneksi melalui lima bandara hub (penghubung), yakni Cengkareng, Bandung, Denpasar, Surabaya, dan Medan,Palembang .

sekarang ini Air asia menjadi salah satu maskapai yang berbiaya rendah terbaik di kawasan asia , dengan hampir semua negara menjadi pelanggan setia dari maskapai yang di nakhodai olehTony Fernandes sebagai orang nomor satu di perusahaan yang bermoto :  NOW EVERY ONE CAN FLY..





Tidak ada komentar: