Jumat, 07 November 2014

5 NEGARA ASIA TUJUAN WISATA KULINER DUNIA

Jika kita bepergaian ke suatu negara , salah satu hal yang terpenting adalah bagaimana kita bisa menyesuaikan jenis makana di negara tersebut , makanya jika saya berkunjung ke suatu negara yang bukan serumpun melayu , maka saya akan sedikit mebawa makanan dari indonesia . lumayan untuk 1-2 hari sambil menemukan makanan yang cocok dengan lidah selera kita. tapi bagi sebagian wisatwan dunia terkadang mereka mengunjungi suatu negara hanya untuk berwisata dan mencari makanan makan khas dari negara yang dikunjunginya..
kali ini saya akan membahas negara negara di asia yang banyak dikunjungi wisatawan untuk berburu kuliner nya ..negara negara apa saja itu ??? kita baca sama sama ya..


1. CHINESE FOOD - CHINA.
Di hampir setiap sudut negara pasti ada kampung china atau kota china ( China town ) , dan distu pasti ada yang namanya makanan China. makanan Cina dibagi menjadi empat macam dan kemudian dibagi lagi menjadi delapan. Keempat kategori makanan Cina yaitu Kanton yang ada di Provinsi Guangdong, Cina Selatan. Makanan Guangdong memang paling terkenal termasuk di Indonesia karena orang Kanton banyak yang merantau. Kalian pasti tidak asing dengan telur asin, kan? Ya, makanan ini adalah makanan asli Guangdong yang disebut Ham Aap Dam.terus lagi Bakmi , bakmi china banyak diminati hampir diseluruh negara di belahan dunia. makanya hampir semua belahan dunia banyak yang mencoba berburu makanan china di negara asalnya .

Chinese Food
.



2. Korean Food

Berita baik untuk para penggemar K-Drama! Enggak salah memang, berkat K-Drama dan boybandnya, kebudayaan Korea semakin terkenal, bahkan mulai menggeser Jepang. Korea mulai dilirik sebagai kiblat fashion dan pariwisata baru.Tahu Bibimbap? Ya, makanan Korea ini memang terkenal. Tapi dulu, Bibimbap hanya boleh dimakan oleh keluarga kerajaan. Sama juga seperti guksu, mie asli Korea yang mirip bihun tapi lebih tebal. Guksu ini nanti diolah menjadi macam2 makanan, contohnya Japachae, memil guksu, dan jjolmeyon. Kalau dilihat dari gambarnya, enak tuh dimakan pas musim dingin(atau di Indonesia mah musim hujan), jadi para turis selain bisa melihat artis artis K-POP yang mewabah hampir diseluruh dunia , mereka juga ingin merasakan kuliner asli Korea.

Bibimbap - Korean Food




3. Indonesian Food
 Mantaaap!!  berdasarkan survey Asian Food, Makanan kita masuk dalam kategori yang disukai para wisatawan!!! Suatu kebanggaan bagi kita  (Tapi siksaan juga soalnya banyak banget ang harus dibahas pastinya. Abis setiap provinsi pasti ada makanannya). Masalah cita rasa, beragam banget, kan! Seperti daerah Sumatera, Bali, Nusa Tenggara dan Sulawesi yang pedas, lalu daerah Jawa yang manis, dan Sunda yang natural. Tapi tidak bisa dipungkiri, makanan Indonesia sangat dipengaruhi oleh India, Arab, Cina dan barat, tergantung daerah. Sumatra memiliki ciri Arab dan India seperti makanan Melayu lain dengan kari, lemak, dan rempahnya.rendang dari sumatra barat adalah salah satu makanan favorit yang diincar oleh turis turis mancanegara terutama eropa, terus ada lagi yang namanya Gado gado , makanan salad ala asia yang nyaris sama dengan salad eropa tapi dengan bumbu yang jauh berbeda, ini juga jadi makanan favorit yang diburu.
Sate ayam juag merupakan salah satu yang diburu disamping masih banyak lagi makanan indonesia yang mendunia dan terkenal sampai ke daratan amerika..\


 4. India Food
 siapa yang tidak tau Martabak ??? ini sbenernya makanan asli dari orang India dari aman dahulu martabak sudah sangat Familiar namanya sampai ke mancanegara termasuk Indonesia ..zHm...makanan India terdapat di berbagai belahan dunia. orang India selalu memasak makanan dengan bahan rempah rempahnya nya yang kuat , Tapi yang pasti kita mungkin  sudah sangat familiar dengan kari daging, roti cane, nasi biryani, dan martabak, kan? nah ini yang membuat para penggila kuliner dunia ingin merasakan dari tempat habitat aslinya dari negara pembuatnya yakni India..





5. Jepanese Food - Jepang
Alasan Jepang menjuarai list ini tidak lain karena makanan Jepang berasa netral. Lain halnya dengan makanan Indonesia yang sangat eksotik, pedas, dan bersantan, India yang terlalu berempah dan berkari, serta Arab yang berlemak, makanan Jepang bisa diterima dengan mudah di lidah siapapun termasuk orang - orang bule yang lidah sama perutnya rada rewel. Selain itu, berkat pengaruh manga dan anime, makanan Jepang sangat digemari oleh anak muda Indonesia yang rata - rata penasaran untuk mencicipi makanan Jepang itu bagaimana rasanya.ini buktinya banyak resto cepat saji yang bertebaran di sudut sudut Ibukota , dan ini juga berlaku bagi negara negara eropa yang ingin mencicipi masakan jepang seperti shabu shabu , yakiniku , sukiyaki dsb

Selamat pada Jepang!  yang Terbukti menduduki peringkat terbaik makanan diasia yang diterima oleh banyak oleh lidah para wisatawan Kuliner dunia, bagaimanapun  Asia masih jauh lebih unggul dari benua lain kalau masalah kuliner. karena asia kaya akan rempah dan bumbu dibanding daratan benua lainnya..
Tapi,biar kita hanya menduduki urutan ke tiga, kita harus tetap banga pada makanan kita sendiri! Mudah-mudahan Indonesia menjadi peringkat satu suatu saat nanti ! karena indonesia kaya akan beragam masakan yang mungkin belum di populerkan ke mata para penikmat kuliner dunia..












Terima kasih














Tidak ada komentar: